Trends

Tokopedia Ungkap Barang yang Paling Laris Jelang Lebaran

Tokopedia Ungkap Barang yang Paling Laris Jelang Lebaran

Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik, dan Perawatan Diri menjadi kategori paling laris selama periode kampanye Tokopedia Ramadan Ekstra periode 25 Maret-20 April 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Parsel Ramadan dan Lebaran berisi cokelat, kue kering, dan diffuser pengharum ruangan menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat lewat Tokopedia,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.

Ekhel melanjutkan, adapun kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi menjelang Lebaran 2022 (periode 11-20 April 2022) adalah Makanan dan Minuman, Fesyen, Perawatan Diri dan Kecantikan.

Dia menjabarkan, di kategori Makanan dan Minuman, produk yang paling diburu meliputi makanan dan minuman siap dikonsumsi, teh dan hampers buah. Sedangkan di kategori Fesyen, produk seperti baju ihram, jilbab anak serta jaket batik perempuan menjadi yang paling laris.

Pada kategori Perawatan Diri, parfum untuk perempuan, parfum khusus rambut serta krim tirai(sunblock) untuk badan adalah beberapa produk paling laku. Lalu di kategori Kecantikan, produk maskara, krim tirai (sunblock) untuk wajah serta bedak wajah menjadi produk paling dicari.

Pihaknya menyatakan, tren belanja di marketplace Tokopedia selama Ramadan dan menjelang Lebaran ini turut didorong oleh deretan inisiatif bagi masyarakat Indonesia termasuk UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya Tokopedia Ramadan Ekstra, tradisi belanja terbesar dari Tokopedia sepanjang Ramadan hingga 30 April 2022 mendatang.

Lalu didorong juga oleh Tokopedia NOW!, layanan 24 jam dalam 7 hari yang memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian (sembako, daging, sayur, buah dan sebagainya) dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. “Jadi belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” tambah Ekhel.

Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misalnya lewat Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Kemudian juga kampanye Ramadan in Style yang menggandeng UMKM lokal di industri fesyen termasuk fesyen muslim. Salah satu yang mencatatkan transaksi tinggi ialah Wearing Klamby. Kenaikan transaksi Wearing Klamby mencapai 300% dibandingkan Lebaran 2021.

Selain itu, kampanye Parsel Ramadan yang menghadirkan ribuan pilihan parsel mulai dari Rp50 ribuan. Contoh UMKM yang ikut dalam kampanye ini dan mencatatkan peningkatan transaksi empat kali lipat dari Ramadan 2021 adalah Dekayu Indonesia. Di samping itu, Tokopedia juga menyiapkan materi edukasi #Siapramadan 2022 untuk memaksimalkan penjualan UMKM lewat Pusat Edukasi Seller.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved