Management Trends zkumparan

Toyota Investasi US$1 Miliar di Grab

Grab

Grab Holdings Inc. (Grab), mengumumkan kesepakatan dengan Toyota Motor Corporation (Toyota) yang akan berinvestasi US$1 miliar di Grab sebagai investor utama dalam putaran pendanaan terbaru Grab.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Grab dan Toyota akan memperkuat dan mengembangkan kolaborasi mereka yang telah terjalin terkait mobil terhubung, guna mendorong adopsi solusi-solusi mobilitas baru di seluruh Asia Tenggara.

Investasi Toyota tersebut merupakan investasi terbesar produsen otomotif dalam sektor ride-hailing secara global.

Sebagai mobile platform O2O, investasi Toyota ini memungkinkan Grab untuk mengembangkan ragam layanan O2O yang dimilikinya, seperti GrabFood dan GrabPay, secara lebih luas di wilayah tersebut. Grab kini beroperasi di 217 kota di delapan negara di Asia Tenggara dan menawarkan layanan transportasi, pengantaran makanan dan paket, pembayaran mobile dan layanan keuangan melalui aplikasi Grab.

Ming Maa, Presidenf Grab, mengatakan, investasi Toyota di Grab berdasarkan kepercayaan mereka terhadap kami dalam mendorong solusi-solusi mobilitas terbaru dan mengembangkan layanan-layanan O2O mobile, seperti GrabFood dan GrabPay, di kawasan Asia Tenggara. Grab merupakan startup Asia teknologi pertama yang telah mencapai estimasi pendapatan yang dapat diraih pada masa datang (run rate revenues) yang melebihi US$1 miliar dengan basis pengguna yang telah mengunduh aplikasi Grab mencapai lebih dari 100 juta.

“Pertumbuhan pesat pengguna dan pendapatan yang pesat merupakan bukti dari kemampuan kami untuk melakukan pendekatan secara hyper-local, mengeksekusi rencana secara efisien dan menyediakan platform yang paling efisien sesuai diverfisikasi kawasan Asia Tenggara. Kami didukung oleh para pemimpin industri seperti Toyota, Uber, Didi dan Softbank,” ujarnya menambahkan.

Shigeki Tomoyama, Toyota Executive Vice President and President of Toyota’s in-house Connected Car Company, mengatakan, “Kami telah memperkuat kolaborasi dengan memanfaatkan teknologi terhubung yang dimiliki Toyota, dengan Grab, perusahaan ride-hailing di Asia Tenggara. Ke depannya, bersama Grab, kami akan mengembangkan sejumlah layanan yang lebih menarik, aman dan terjamin bagi seluruh pengguna di Asia Tenggara.”

Grab akan bekerja sama dengan Toyota untuk mengembangkan layanan mobil terhubung dalam Toyota Mobility Service Platform (MSPF) yang dapat memperkaya pengalaman mitra pengemudi Grab. Grab dan Toyota akan meluncurkan layanan mobil terhubung, seperti asuransi berbasis telematika, yang akan mengurangi biaya premi asuransi demi keselamatan mitra pengemudi Grab yang lebih baik.

Untuk meningkatkan kolaborasi strategis dengan Grab, salah satu eksekutif Toyota akan ditunjuk sebagai jajaran direksi Grab dan anggota tim khusus Toyota akan mendukung Grab sebagai executive officer.

Kini, aplikasi Grab telah diunduh di lebih dari 100 juta perangkat, memberikan penumpang akses ke lebih dari 6.6 juta mitra dan agen, dan armada transportasi darat terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan lebih dari 6 juta perjalanan setiap harinya. Grab menawarkan jenis layanan transportasi on-demand terbesar selain pengantaran makanan dan paket. Layanan pesan-antar makanan, GrabFood, merupakan layanan pengantaran makanan yang beroperasi di Malaysia, Singapura, Vietnam, Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved