Toyota All New Hilux, Andalan TAM untuk Kendaraan Off Road

Sejak diluncurkan di sela-sela acara GIIAS (Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show) oleh PT Toyota Astra Motor beberapa waktu lalu, Toyota All New Hilux generasi ke-8, makin memikat kalangan pecinta offroad maupun pebisnis pertambangan. Desain, mesin dan fitur kenyamanan dan keselamatan yang terdapat pada mobil tersebut, menjadikan mobil ini cocok untuk kendaraan offroad, proyek bahkan di dalam kota sekalipun.

Toyota All New Hilux 2016 didesain tidak saja menarik dari performa, namun juga dilengkapi dengan berbagai fitur baru sesuai dengan tuntutan konsumen. Mobil ini banyak mengalami perubahan dibanding generasi sebelumnya. Selain dilengkapi dengan rear differential lock, tampilan mobil ini lebih sporty dan dinamis. Grill berbentuk ‘keen look’ khas Toyota generasi terbaru berlapis chrome dan diapit lampu depan besar. Bumper depan menonjol keluar dan bak belakang lebih besar dan lapang dibanding pendahulunya.Toyota Hilux

Interior kabin lebih mewah. Dashboard didesain dengan garis melintang yang memberikan kesan lapang. Peredam suara ditambah, terutama pada kap mesin, termasuk celah pada kap mesin sehingga meminimalisir sura mesin maupun kebisingan. Jok depan ergonomis dan dilapis bahan fabric berwarna coklat, hanya tipe V saja yang telah dilapisi kulit. Jarak bangku belakang dan kursi depan agak lega, sehingga lutut tidak terantuk jok depan. Mobil ini telah dilengkapi dengan piranti keamanan, seperti penggunaan sistem rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) untuk semua tipe, Brake Assist serta Vehicle Stability Control (VSC) pada tipe V.

All New Hilux mengusung dua pilihan mesin canggih. Mesin 2.0 liter bensin yang kini telah dilengkapi dengan teknologi dual VVT serta mesin diesel 2KD-FTV 2.5 liter DOHC dengan menggunakan Variable Nozzle Turbo (VNT) yang mampu menghasilkan tenaga 142 hp @ 3400 rpm dan torsi 343 Nm @ 16000 – 2800 rpm. Mesin baru diklaim lebih sunyi, lembut dan irit bahan bakar minyak (BBM). All New Hilux ini dilengkapi dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.

All New Hilux sangat mumpuni digunakan baik di trek offroad maupun di jalan raya. Dengan tenaga sebesar 142 hp dan torsi 342 Nm terasa sudah lebih dari cukup untuk melibas lintasan aspal dan tanjakan. Atau, bila Anda mencoba di trek tanah, cukup putar knob transfer case untuk pindah ke sistem penggerak empat roda (4H) yang bisa diaktifkan sambil berjalan (shift on fly). Trek tanah sehabis hujan dan berlumpur pun dilibas dengan entengnya. Atau jika ingin menguji di trek yang lebih ekstrem seperti tanjakan curam,misalnya, cukup pindahkan posisi switch dari 4H ke 4L, di mana pada posisi ini torsi mesin lebih terasa dan mobil melaju dengan entengnya. Khusus untuk All new Hilux varian V, terdapat fitur Hill Start Assist (HSA) yang mengatur kendaraan agar tidak meluncur saat turunan dan tidak mundur saat ssedang menanjak.

Dari sisi kenyamanan, mobil seberat 1 ton ini telah ditingkatkan demi kenyamanan, ketangguhan dan keselamatan. Khusus di bagian chassis, side rail cross-section diperbesar, sementara suspensinya dirancang lebih nyaman ketika Anda ber-offroad. Suspensi depan menggunakan double wishbone sedangkan belakang memakai leaf spring rigid axle.

Ada tiga tipe suspensi all-new Hilux untuk menyesuaikan kebutuhan: Standard (cocok untuk segala medan), Heavy Duty (untuk angkut beban berat), serta Comfort (untuk jalan raya). Suspensi belakang memiliki roda belakang yang lebih panjang, yang sebelumnya 43 cm menjadi 52 cm. All New Hilux dilengkapi fitur keamanan seperti ABS, EBD, hingga SRS airbag depan (pengemudi dan penumpang), serta knee airbag di bagian pengemudi untuk semua varian.

Di Indonesia mobil tersedia dalam tiga tipe yakni : Hilux Single Cabin Bensin yang dijual dengan harga Rp 199.150.000, Diesel (Rp 216.650.000), Hilux Extra Cabin (Rp 325.350.000) dan Hilux Double Cabin : Tipe E (Rp 385.550.000), G (Rp 406.750.000) dan V (Rp 442.950.000). Sejakan diperkenalkan pertama kali pada 1968 hingga generasi ke-7, Toyota Hilux terjual 16 juta unit di lebih dari 180 negara.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)