Management Trends zkumparan

Transaksi Youtap Meningkat 5 Kali Selama Ramadan

Transaksi Youtap sempat mengalami penurunan di awal masa PSBB

Di bulan kedua kerja samanya dengan ShopeePay, Youtap Indonesia, mengalami pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay hingga 5 kali lipat pada jaringan merchant Youtap baik mitra merchant UMKM maupun merchant besar. Padahal, sempat mengalami penurunan di awal masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pertumbuhan transaksi non-tunai ShopeePay ini juga dapat dilihat di beberapa sektor usaha UMKM, seperti sektor bisnis warung yang tumbuh 283% dan toko bahan makanan yang tumbuh 50%.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 dan penerapan PSBB telah berdampak pada banyak mitra merchant kami, terutama pada para pelaku UMKM. Youtap dan ShopeePay memiliki visi yang sejalan dalam mendorong penggunaan transaksi non-tunai di berbagai lapisan masyarakat Indonesia terutama pada kondisi sekarang ini. Melalui teknologi dan layanan kami, Youtap siap membantu mendorong keberlangsungan usaha dalam memasuki masa kenormalan baru ini,” ujar Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia.

Selain kenaikan transaksi yang melonjak, Youtap dan ShopeePay juga melihat adanya perubahan pada perilaku konsumen selama bulan Ramadhan. Apabila sebelumnya transaksi ShopeePay paling banyak terjadi di akhir pekan, selama bulan Ramadhan, pola transaksi mengalami perubahan dengan kecenderungan volume transaksi terjadi secara merata sepanjang minggu.

“Kami memiliki kesamaan visi dan komitmen dalam memperluas layanan di merchant offline, terutama melihat pencapaian positif saat ini yang kami harapkan dapat membantu mengakselerasi pertumbuhan sekaligus memberikan dampak positif kepada masyarakat. Kami percaya bahwa lewat kolaborasi ini dapat menjangkau lebih banyak rekan usaha dan mendorong aktivitas transaksi non-tunai agar akan semakin mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat,” tambah Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay.

Herman berharap bahwa peningkatan transaksi non-tunai ini ke depannya dapat membawa angin segar bagi para mitra merchant yang kini tengah berjuang menjalankan usahanya sambil beradaptasi menjalankan masa kenormalan baru. Ia juga menjabarkan berbagai upaya yang telah dilakukan Youtap dalam membantu para pedagang UMKM, terutama yang berskala mikro.

“Selain menjalin kerja sama dengan beberapa penyedia layanan transaksi digital di Indonesia, kami juga menggaungkan kampanye bersih, sehat, dan aman di seluruh jaringan mitra merchant Youtap. Salah satu contohnya adalah kami baru saja membangun fasilitas cuci tangan di beberapa titik pedagang kaki lima di Kota Bandung, yang kedepannya akan disusul di kota lainnya.” kata Herman.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved