Marketing Trends

Tren Makanan Sehat Naik, Serasa Salad Bar Catatkan Kenaikan 17 Kali Lipat

Tokopedia mencatat adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat. Peningkatan tersebut terlihat dari adanya kenaikan penjualan makanan sehat di Tokopedia. Produk Granola mengalami peningkatan penjualan hampir 3 kali lipat, sementara Yogurt dan Oat lebih dari 4 kali lipat. “Untuk produk Muesli, peningkatannya hampir 6x lipat pada Kuartal I /2021 dibanding kuartal yang sama pada 2020,” kata Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Sementara itu, menurutnya, transaksi jumlah sayuran juga meningkat sebanyak 4 kali lipat pada kuartal I tahun 2021 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Serasa Salad Bar merupakan salah satu UMKM yang terdampak dari peningkatan tren makanan sehat ini. “kami berhasil mencatatkan kenaikan transaksi sebanyak 17 kali lipat sejak bergabung di tokopedia,” kata Fitriani Rahmah, ujar Pemilik Serasa Salad Bar.

Fitri mendirikan bisnis makanan sehat sejak tahun 2015 lalu. Dia mendirikan bisnis salad di Bandung bersama adiknya, yang bernama Eva. “Saat ini, kami telah memiliki 3 toko offline yang berada di Jakarta, Bandung, dan Bekasi.”

Pada waktu awal pendirian, Fitri merangkul komunitas petani lokal untuk memasok sayur dan buah segar untuk proses produksi bisnisnya. “Tantangan pada saat awal pendirian adalah mengedukasi masyarakat, sehingga kami harus memberikan edukasi secara pelan-pelan dengan bahasa yang mudah dipahami,” ujarnya. Melalui edukasi yang dijalankan melalui konten dan cooking class, pihaknya optimistis akan dapat mengubah mindset masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sehat, khususnya sayur dan buah.

“Pandemi menjadi momen yang luar biasa untuk kami, karena orang saat ini semakin aware untuk mengkonsumsi makanan sehat. Kontribusi penjualan kami di Tokopedia pun cukup besar,” kata dia menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved