Technology Trends zkumparan

Triasmitra Perkokoh Layanan Managed Service Submarine Cable

PT Ketrosden Triasmitra melalui anak perusahaannya PT Triasmitra Multiniaga Internasional (TMI) terus memperkokoh posisinya di pasar ManagedServiceSubmarineCablenasional.

Hal itu terlihat dari keberhasilan TMI baru-baru ini berhasil menyelesaikan perbaikan (restorasi) kabel laut XL Axiata di perairan pulau Bawean dalam waktu hanya 10 hari, dari komitmen 22 hari waktu perbaikan, sejak PurchaseOrder (PO) diterima. “Sejak tahun 2007, Triasmitra telah berpengalaman melaksanakan restorasi kabel laut milik para operator besar di Indonesia baik di laut dangkal maupun laut dalam dengan waktu perbaikan lebih cepat dari ServiceLevelAgreement (SLA) yang telah ditentukan,” kata CEO Ketrosden Triasmitra, Titus Dondi Patria A mengklaim.

Titus mengungkapkan untuk restorasi kabel laut adalah maksimum 30 hari untuk wilayah perairan Indonesia dan maksimum 48 hari untuk wilayah di luar perairan Indonesia. “Dalam restorasi Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) milik XL Axiata, kami bisa kerjakan lebih cepat dari SLA yang ditentukan,” imbuhnya. Triasmitra telah memperluas layanan ManagedService-nya untuk melakukan pencegahan putusnya kabel laut.

Layanan ManagedService kabel laut ini terbagi dua. Pertama PreventiveMaintenance, yaitu berupa layanan Sistem Patroli Kabel Laut dan Sistem Monitoring Kabel Laut. Kedua CorrectiveMaintenance yaitu layanan yang meliputi Restorasi Kabel Laut dan penyediaan kapal (standbyvessel) untuk restorasi.

Untuk melaksanakan PreventiveMaintenance, yang berupa patroli SKKL, Triasmitra telah membangun 10 base camp yang dilengkapi kapal patroli beserta tim patroli. Patroli laut dilaksanakan secara reguler sepanjang jalur SKKL di area GuardZone (500 m dari kiri dan 500 m dari kanan jalur kabel) atau di area-area yang berpotensi sering terjadi kabel putus sampai dengan sejauh 140 km dari lokasi BMH. Untuk monitoring SKKL, Triasmitra melakukan monitoring tim patroli kabel laut dan pergerakan kapal-kapal yang bergerak di sekitar lokasi kabel optik laut selama 7 x 24 jam dan di lokasi-lokasi yang rawan untuk memberikan peringatan langsung.

Dalam pelaksanaan PreventiveMaintenance ini, Triasmitra telah menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI). Kerjasama yang dilakukan antara Triasmitra dengan Bakamla adalah dalam hal pengawasan/monitoring SKKL yang antara lain dilakukan dengan patroli bersama untuk melakukan sosialisasi di wilayah yang sering terjadi kerusakan kabel laut optik karena terkena jangkar. Juga, kerja sama dalam proses tindakan hukum bila terjadi perusakan kabel laut. PreventiveMaintenance Kabel Laut ini berlaku untuk operator yang menggunakan kabel laut Triasmitra maupun kabel laut yang dimiliki oleh operator lain.

Saat ini Triasmitra telah dipercaya oleh Indosat Ooredoo untuk layanan ManagedService SKKL di wilayah perairan Selat Sunda dan Ancol, dan PT Palapa Ring Barat untuk ManagedService SKKL Palapa Ring Barat.

Untuk Corrective Maintenance, Triasmitra telah memiliki rekam jejak sejak tahun 2008, 2013, 2015 dan 2018 dengan memperbaiki kabel laut milik XL Axiata sesuai SLA yang telah ditentukan. Karena reputasinya tersebut Triasmitra telah dipercaya kembali oleh XL Axiata untuk melakukan perbaikan kabel laut milik XL Axiata di perairan Bawean baru-baru ini, dan perbaikan dapat dilakukan lebih cepat dari SLA yang telah ditentukan. “Preventive dan Corrective Maintenance untuk layanan Managed Service Triasmitra ini semakin memantapkan posisi Triasmitra sebagai perusahaan yang andal dalam memberikan layanan Managed Service,” tukas Titus. Yessie D Yosetya Direktur XL Axiata mengaku puas dengan kinerja Triasmitra dalam menjaga infrastrukturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved