Management Trends zkumparan

Tunaiku Kucurkan Kredit Rp1 Triliun Selama 2018

Tunaiku Kucurkan Kredit Rp1 Triliun Selama 2018

Tunaiku berhasil mengucurkan kredit lebih dari Rp1 triliun selama 2018. Jumlah ini menunjukan pertumbuhan 5 kali lipat dibandingkan tahun 2017 yang hanya sebesar Rp200 miliar.

Saat ini Tunaiku tersedia di Jabodetabek, Surabaya, dan 10 kota besar lainnya. Area layanan perluasan yang dilakukan perusahaan mengikuti hasil analisis pasar untuk mencapai populasi usia kerja dan pengguna internet yang berusia antara 21 hingga 35 tahun. Perseroan menargetkan pinjaman pribadi untuk kebutuhan produktif dan usaha kecil menengah (UKM).

Vishal Tulsian, Managing Director Amar Bank, mengatakan hasil ini tidak dapat dipisahkan dari partisipasi setiap stakeholders di Tunaiku, terutama nasabah. “Bagi kami, kebutuhan nasabah harus selalu menjadi prioritas utama. Kegiatan ini secara rutin dilakukan oleh karyawan Tunaiku dimana atas izin nasabah, mereka mengamati kegiatan sehari-hari nasabah untuk lebih memahami masalah keuangan dan kebutuhan nasabah, dan kadang- kadang perkembangan usaha jika nasabah adalah pengusaha,” ujar Vishal.

Menurut Laporan PwC tentang The Future of Customer Experience 2018, sebanyak 73% konsumen menyebutkan experience atau layanan sebagai faktor penting dalam keputusan untuk membeli, dibanding harga dan kualitas produk. Konsumen bersedia membayar lebih untuk kualitas layanan yang paling penting bagi mereka. Ini selaras dengan Survei PwC mengenai Perbankan Digital 2018 dimana survei dilakukan pada industri perbankan, hasilnya adalah 44% pelaku perbankan menyatakan bahwa tujuan utama dari strategi digital mereka adalah untuk meningkatkan layanan nasabah mereka.

Vishal menjelaskan customer experience adalah faktor kunci dari kemajuan bisnis. “Faktor ini merupakan strategi untuk memahami lebih baik karakter dan latar belakang nasabah. Hal ini memberikan kita banyak wawasan tentang apa yang dibutuhkan pasar Indonesia dari produk perbankan digital,” kata dia.

Dengan pertumbuhan pesat Tunaiku sebagai produk perbankan digital, akses layanan keuangan menjadi semakin luas terutama bagi masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh oleh layanan perbankan. Hal ini semakin memacu percepatan inklusi keuangan di Indonesia yang ditargetkan sebesar 75% di tahun 2019.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved