Universitas Multimedia Nusantara Buka 3 Prodi Baru

DSC01057

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membuka tiga program studi baru yaitu, Teknik Elektro, Teknik Fisika, dan Arsitektur. Andrey Andoko, Wakil Rektor 2, mengatakan tahun 2014, pemerintah mencanangkan pembangunan infrastruktur di 12 sektor dalam kurun waktu 2015-2019, senilai Rp 5.519 triliun.

Menurut PII (Persatuan Insinyur Indonesia), untuk menyokong industrialisasi dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, Indonesia masih membutuhkan 1,5 juta insinyur. Sehingga Indonesia harus sedikitnya menambah 175.000 Sarjana Teknik per tahun pada 2025. Namun, dari 750.000 insinyur Indonesia, sebagian besar tidak berkarier di bidang keinsinyuran. “Jika Indonesia terus kekurangan insinyur, maka Indonesia akan terus-terusan mengimpor tenaga ahli. Apalagi di zaman Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), akibatnya tenaga asing masuk ke Indonesia semakin mudah,” jelasnya.

Andrey mengakui prodi teknik memang kurang menjadi favorit calon mahasiswa. Kebanyakan dari mereka, ingin menghindari pelajaran matematika dan fisika. Namun, dengan pengkhususan prodi, UMN optimistis dapat menarik minat calon mahasiswa.

“Kami memfokuskan otomisasi untuk Teknik Elektro karena kami melihat ke depannya industri membutuhkan produktivitas kualitas, fleksibilitas, keakuratan, dam tingkat keselamatan yang tinggi. Sedangkan kami memfokuskan manajemen energi untuk prodi Teknik Fisika. Alasannya adalah harga energi makin mahal dan energi berbahan bakar fosil juga makin langka. Dengan pemfokusan ini, kami berharap nantinya mahasiswa kami akan ada yang bisa menciptakan sumber energi baru yang ramah lingkunga," jelasnya.

Lalu, untuk Arsitektur fokus UMN adalah green and sustainable architecture.  "Kami berharap mahasiswa bisa membangun bangunan yang hemat energi dan ramah lingkungam” jelas Ninok Leksono, Rektor Universitas Multimedia Nusantara.

Hingga saat ini, sudah ada 22 mahasiswa yang mendaftar prodiAarsitektur, 8 mahasiswa yang mendaftar prodi Teknik Fisika, dan 8 mahasiswa yang mendaftar prodi Teknik Elekro.

UMN juga sudah menyiapakan 18 dosen dan sedang melakukan proses kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung, dan satu universitas di Jerman. Laboratorium praktik pun sudah siap untuk beroperasi.

Tahun depan, UMN baru akan memulai kegiatan marketing ketiga prodi baru ini. Salah satu cara UMN untuk menarik perhatian calon mahsiswa adalah mengadakan lomba robotik. “Kemarin kami mengadakan lomba robotik untuk siswa SMA untuk memperkenalkan kepada mereka mengenai studi Teknik Elektro dan animonya luar biasa. Ke depannya kami akan terus mengadakan edukasi-edukasi untuk menarik minat calon mahasiswa kepada prodi Teknik. Kami ingin menunjukkan fisika dan Matematika tidak seseram yang dibayangkan,” ungkap Andrey. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)