Trends

Upaya Bank Syariah Mandiri, Gaet Nasabah Baru Secara Online

Di tengah pandemi Covid-19, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) terus meningkatkan layanan online melalui layanan digital Mandiri Syariah Mobile (MSM).

Menurut Direktur Finance, Strategy dan Treasury Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho, Mandiri Syariah mencatatkan pertumbuhan pembukaan rekening secara online sebesar 46 ribu rekening hingga awal Juni 2020.

Ade menjelaskan, pertumbuhan tersebut disokong oleh adanya fitur pembukaan rekening online melalui Mandiri Syariah Mobile. Sejak diluncurkan akhir tahun 2019 hingga era new normal saat ini, semakin banyak masyarakat yang membuka rekening secara online. “Selama periode bulan Juni 2020, rata-rata mendekati seribu nasabah per-hari atau 34% dari total nasabah baru memilih untuk membuka rekening secara online,” kata Ade.

Ade menambahkan sebagai Bank Syariah terbesar di Indonesia, Mandiri Syariah terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan transaksi kepada masyarakat. Salah satunya fitur pembukaan rekening online pertama yang dimiliki bank syariah di Indonesia. Fitur ini memudahkan masyarakat untuk membuka rekening tanpa harus datang ke Kantor Cabang.

Caranya, hanya dengan men-download Mandiri Syariah Mobile (MSM) dan mengikuti prosesnya, dalam waktu 10 menit saja, masyarakat sudah memiliki rekening Mandiri Syariah dan selanjutnya dapat memanfaatkan fitur-fitur MSM.

Selain itu, layanan pembukaan rekening online Mandiri Syariah dapat dilakukan sampai dengan malam hari, bahkan hari Sabtu dan Minggu layanan tersebut tetap ada. Hal ini untuk memberikan layanan excellent kepada nasabah dan memfasilitasi nasabah untuk berhijrah ke Bank Syariah khususnya Mandiri Syariah.

Diakui Direktur IT Operational dan Digital Mandiri Syariah, Achmad Syafii di era new normal masyarakat semakin terbiasa berinteraksi melalui online termasuk melakukan pembayaran secara digital.

Terbukti, hingga Mei 2020, user layanan digital Mandiri Syariah mencapai 1,2 juta user dengan jumlah transaksi sebanyak 15.87 juta transaksi senilai Rp 16.40 triliun.

Melalui MSM, nasabah dapat melakukan transaksi ke berbagai e-commerce, pembelian pulsa telepon, pembayaran listrik, pembayaran dengan QRIS, tarik tunai tanpa kartu ATM, dll. Tidak hanya fasilitas transaksi, keunggulan lain MSM di banding mobile banking bank lain adalah adanya fitur Islami seperti pembayaran zakat, infak, sedekah dan wakaf (ziswaf), al Quran dan Hikmah, petunjuk kiblat, waktu sholat, dan lain-lain.

Selain pembukaan rekening online melalui Mandiri Syariah Mobile (MSM), Mandiri syariah adalah bank syariah pertama yg menyediakan pembayaran QRIS via MSM sehingga memudahkan nasabah saat melakukan transaksi. Untuk mengurangi risiko penularan covid19 saat melakukan pembayaran, nasabah cukup scan QRIS melalui MSM. “Dengan MSM, nasabah dapat melakukan transaksi tersebut dengan cepat, aman, nyaman kapan saja dan di mana saja,” kata Achmad.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved