Upaya Kärcher Taklukan Pasar Indonesia

(Kiri-kanan) ; Managing Director Kärcher Indonesia Mateus Bernath, dan President Director PT mitra Cipta Hardi Elektrindo Michael Hardinata, saat pembukaan Store & Service Center Kärcher ke 15 di Harco Mangga Dua.

Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi Kärcher. Perusahaan asal Jerman yang menjual peralatan pembersih bertekanan tinggi, peralatan perawatan lantai, sistem pembersihan suku cadang, pengolahan air cuci, peralatan dekontaminasi militer, dan pembersih debu jendela ini kian agresif untuk melakukan ekspansi, baik penambahan showroom maupun service center.

Hal ini dibuktikan dengan pembukaan Kärcher Store and Service Cente di kawasan Harco Mangga Dua, Jakarta. Menurut Mateus Bernath, Managing Director Kärcher Indonesia, pihaknya optimistis mampu meningkatkan penjualan di Indonesia, mengingat masih besarnya kebutuhan alat pembersih perkantoran maupun tempat tinggal di Tanah Air.

Di showroom ini, Kärcher menyediakan rangkaian produk-produk Kärcher terlengkap, serta sebagai pusat layanan resmi Kärcher. Menurut Michael Hardinata Direktur Utama PT Mitra Cipta Hardi Elektrindo (MCHE) --distributor utama Kärcher Indonesia, lokasi Store and Service Center ini sangat strategis, karena berada di kawasan Mangga Dua dan daerah ini sangat mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun transportasi publik.

Ia menambahkan, beroperasinya Kärcher Store and Service Center merupakan strategi untuk memperluas pasar. Store ke-15 ini berisi rangkaian produk-produk Kärcher terlengkap, serta sebagai pusat layanan resmi Kärcher, sehingga tidak hanya menawarkan produk, tapi juga solusi sesuai kebutuhan pasar. "Tahun ini, kami akan membuka Kärcher Store and Service Center di Semarang dan Surabaya. Investasinya sekitar Rp 2 miliar, itu tidak termasuk gedung," kata Michael.

Kärcher Store & Service Center ini berada di bawah naungan PT MCHE yang merupakan distributor utama Kärcher di Indonesia. Perusahaan ini mulai beroperasi tahun 1997, sebagai distributor dan pemasok perangkat mekanikal dan elektrikal yang terus mengalami pertumbuhan bisnisnya. Bahkan saat ini, telah menjadi distributor ternama dan pemain utama di pasar Indonesia.

PT MHCE telah menjadi distributor utama untuk komponen mekanikal dan elektrikal merek terkenal internasional, seperti Schneider Electric, Legrand, Karcher, Luxfit, Philips, Simon, APC, 3M, Clipsal, Honeywell, Supreme Cable, Geze dan Luxfit.

Diakui Michael, PT MHCE dipercaya sebagai pemasok untuk proyek-proyek besar properti di tanah air, diantara klien yang pernah ditangani adalah, Sinar Mas Land, Astra Daihatsu Motor, Bank Mandiri, Wilmar Group, Nestle Indonesia, Pfizer Indonesia, Indocement Gajah Tunggal Perkasa dan lain-lain. Selain itu, juga melayani konsumen dari kalangan pengecer dan ritel. "Saat ini permintaan dari pasar industri makin menguat, seiring pertumbuhan permintaan pasar rumah tangga (retail). Komposisinya 60% utuk korporat dan 40 % untuk ritel," kata Mateus.

Di Indonesia produk Kärcher ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 1 juta untuk keperluan pembersihan rumah tangga hingga Rp 15 miliar untuk pembersihan landasan pacu bandara.

Diakui Mateus, saat ini permintaan pasar dari kalangan industri terus meningkat, sejalan dengan permintaan rumah tangga yang juga ikut meningkat. Tahun ini, meskipun politik mulai memanas pihaknya optimistis penjualan produk Kärcer sendiri tidak terpengaruh tahun politik secara langsung. Sebab kebutuhan alat-alat yang dijual merupakan hal yang dibutuhkan untuk rumah, kantor, pabrik, bahkan perusahaan jasa cleaning service.

"Tahun ini, kami optimis pertumbuhan bisnis bisa meningkat 20 % dibanding tahun sebelumnya, tanpa bersedia menyebut nilai penjualannya. Sebab tahun lalu, kami berhasil meraih penjualan sebanyak 1 juta unit,” kata Mateus.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)