Upaya Produsen Salep 88 Jaga Kepercayaan Konsumen

PT Meccaya Pharmaceutical yang berdiri pada 1982, perusahaan farmasi yang dikenal dengan produk unggulan seperti Salep 88, Krim 88 dan Meccaderma,

Tidak mudah menjaga bisnis berkelanjutan di tengah dunia bisnis yang cepat berubah dan penuh ketidakpastian seperti sekarang. PT Meccaya Pharmaceutical yang berdiri pada 1982, perusahaan farmasi yang dikenal dengan produk unggulan seperti Salep 88, Krim 88 dan Meccadermga,  memegang teguh kepercayaan konsumen dengan konsistensi kualitas produk yang dihasilkan sebagai kunci melewati tantangan-tantangan tersebut.

Presiden Direktur PT Meccaya Pharmaceutical, Ricky Surya Prakasa mengungkapkan perusahaan yang didirikan oleh Benjamin Surya Prakasa ini sejak awal berdiri fokus sebagai perusahaan Pharma Dermatology dengan terus pengembangan solusi untuk permasalahan kulit masyarakat Indonesia.

“Sejak berdiri, kami selalu berpegang bahwa kepercayaan konsumen adalah kunci perusahaan bisa terus diterima pasar dalam jangka panjaang. Untuk itulah kami memandang penting terpenuhinya standar mutu produksi kami lulus sertifikasi ISO 9001:2015. Dengan demikian produk kami bukan saja bisa diterima di pasar Indonesia, juga pasar internasional. ISO ini juga salah satu upaya kami untuk membantu sistem manajemen mutu lebih terkoordinasi secara menyeluruh,” terangnya melalui surel.

Ricky mengklaim, melalui berbagai produk unggulan perusahaan seperti Salep 88, Krim 88 dan Meccaderma, Meccaya merupakan perusahaan farmasi pertama di Indonesia yang berdedikasi di bidang dermatologis sebagai solusi utama kesehatan kulit masyarakat Indonesia.

“Selain menjaga kualitas produksi kami dengan ISO9001 : 2015, kami juga melengkapi sertifikasi CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dari BPOM, sebagai standar yang mengatur agar produk obat yang dibuat memenuhi persyaratan mutu, efikasi, dan keamanan yang sesuai dengan tujuan penggunaannya,” terang Ricky.

Ia menambahkan untuk bisa lulus uji sertifikasi tersebut, tentunya dengan melibatkan seluruh departemen di dalam perusahaan, agar mereka mejadi bagian dalam peningkatan mutu produk dan kepuasan konsumen secara berkesinambungan dengan sasaran-sasaran mutu sebagai tolak ukur dalam menerapkan kebijakan mutu. “Kami juga menggandeng TÜV SÜD sebagai partner, yang mengelola seluruh manajemen perusahaan untuk berpartisipasi dalam proses persiapan dan sertifikasi ISO 9001:2015 yang mencakup pelatihan dan persiapan awal, audit internal, dan on-site audit, evaluasi dan review auditor, dan terakhir proses sertifikasi,” jelasya.

Proses penilaian secara garis besarnya mencakup penilaian akan kemampuan dan efektivitas sistem manajemen mutu serta evaluasi tanggung jawab manajemen perusahaan dari segi kepatuhan akan persyaratan dan peraturan ISO9001:2015 yang berlaku. Serta penilaian efektivitas sistem manajemen mutu Meccaya Pharmaceutical untuk mencapai Sasaran Mutu dan penilaian pengendalian operasional proses termasuk audit internal.

“Saya berharap dengan lulus ISO ini akan berdampak positif terhadap mutu produk-produk termasuk Salep 88 yang sudah berumur 38 tahun. Peningkatan terhadap mutu dan kepuasan konsumen akan terus terlaksana secara berkesinambungan untuk kami tetap menjaga brand 88 sebagai leading brand dengan motto ‘Solusi Tumpas Tuntas Infeksi Jamur Kulit’ dari generasi ke generasi untuk masyarakat Indonesia,” tegas Ricky.

Ia juga berharap akreditasinya diakui oleh Singapore Accreditation Council (SAC), sehingga Meccaya Pharmaceutical akan lebih siap untuk menargetkan produk-produk unggulan di ekspor ke negara Asia Tenggara. Ia menargetkan dalam 5 tahun ke depan perusahaan akan lebih dikenal sebagai salah satu produsen produk pharma dermatology yang ‘Trustworthy’ tidak saja untuk konsumen di Indonesia tetapi untuk konsumen di Asia Tenggara.

Namun Ricky percaya selain komitmen menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, perusahaan tidak akan bisa meraih semua itu, termasuk sertifikasi yang sulit untuk mendapatkannya tanpa dukungan SDM terbaik. Untuk itulah, Ricky menempatkan SDM sebagai prioritas dalam mengelola bisnisnya. Kemudian diikuti dengan dedikasi pada riset dan pengembangan berkelanjutan, pemilihan bahan awal terbaik dari supplier berstandar internasional, serta proses manufaktur modern berstandar internasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)