Management Trends

Virtual Tour untuk Gairahkan Industri Pariwisata

Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang terdampak wabah COVID-19. Melalui kategori Tour & Travel, Blibli menghadirkan inisiatif untuk menopang industri pariwisata di Tanah Air agar pelaku usaha dapat mempertahankan laju bisnis mereka.

Inisiatif tersebut adalah Virtual Tour, yaitu jalan-jalan virtual ke berbagai destinasi favorit di Indonesia maupun mancanegara. Inisiatif ini sudah tersedia di platform Blibli melalui kategori Tour & Travel sejak 1 Juni 2020.

Virtual Tour merupakan bentuk dukungan Blibli pada transformasi digital di industri pariwisata dalam menghadapi era new normal.

VP of Blibli Tour & Travel Category, Theresia Magdalena mengungkapkan melalui Virtual Tour, Blibli memungkinkan pelaku industri pariwisata, khususnya para travel agent dan tour guide, untuk menjalankan roda bisnis mereka meskipun di tengah pandemi. Selain itu, Virtual Tour ini dilakukan untuk mengobati kerinduan berwisata para pelanggan yang kini dapat dilakukan secara remotely melalui wisata virtual.

Melalui Virtual Tour, para tour guide akan berkeliling di sekitar obyek wisata dan perjalanan mereka disiarkan secara live streaming melalui video conference. Sambil berwisata virtual, para tour guide akan memberikan penjelasan mengenai sejarah dan keunikan destinasi wisata tersebut. Tujuannya untuk tetap mengangkat industri pariwisata dan destinasi-destinasi lokal serta internasional di era new normal ini.

“Meskipun dilakukan secara virtual, Blibli tetap ingin agar para pelanggan dapat mengintip lebih dekat bangunan bersejarah, memahami kebudayaan lokal, serta merasakan keindahan destinasi-destinasi wisata tersebut,” ujar Theresia.

Sebagai tahap awal, Blibli mengangkat destinasi Jam Gadang di Bukittinggi, Padang. Selanjutnya, Blibli akan menghadirkan perjalanan virtual ke Lawang Sewu, Semarang. Tidak terbatas pada obyek wisata domestik, Blibli juga akan menghadirkan pengalaman perjalanan virtual ke destinasi internasional yang populer, termasuk Korea, China, dan Eropa.

Program Virtual Tour ini didukung oleh berbagai travel agent ternama, termasuk ONTA (Online Travel Assistance) – KongkoWisata, PT Kereta Api Pariwisata – KA Wisata, dan GOCHINA. Para pelanggan dapat menikmati perjalanan virtual selama 60 menit via video conference, dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 25.000 – Rp 30.000 untuk perjalanan virtual domestik dan Rp 50.000 – Rp 150.000 untuk destinasi internasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved