Visa Everywhere Initiative Majukan Startup – Fintech Indonesia

Visa Worldwide Indonesia menilai saat ini adalah waktu yang tepat memperkenalkan program Visa Everywhere Initiative untuk membantu pengembangan startup-startup atau financial technology di Indonesia. Pada gilirannya, kondisi ini akan mendorong terciptanya cashless society lebih cepat di negara kita.

Visa Everywhere Initiative adalah kompetisi yang mengajak startup inovatif untuk memberikan solusi atas tantangan perdagangan di masa depan. Program Visa global ini merangkul para startup untuk mengatasi tantangan perdagangan, mengembangkan produk, dan menawarkan solusi yang mungkin dalam mendukung jaringan mitra Visa yang luas. Hingga saat ini, program telah dilaksanakan di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Asia, Timur Tengah dan Afrika, menjangkau lebih dari 75 negara.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesi, Riko Abdurrahman, mengatakan, Indonesia dinilai sebagai pusat lahirnya startup inovatif. Didukung oleh perekonomian yang terus bertumbuh dan populasi melek teknologi yang terbilang besar, Indonesia memiliki kondisi yang ideal dalam mendukung munculnya startup. Tidak heran Indonesia melahirkan unicorn paling banyak di kawasan Asia Tenggara.

“Bedanya Visa Everywhere Initiative dengan kompetisi startup yang lain adalah kami tidak hanya kasih uang untuk para pemenang. Namun, juga mentoring. Para pemenang juga memiliki akses terhadap 16.500 klien Visa` dan ribuan merchant Visa,” jelas Riko di Jakarta (3/7/2019).

Kompetisi dibuka sejak 3 Juli 2019. Peserta dapat mengetahui lebih lanjut mengenai inisiatif dengan mengunjungi situs resmi dan mendaftar melalui website. Ketika mendaftar, startup harus mengajukan solusi untuk salah satu dari tiga tantangan berikut: pertama, bagaimana startup membantu memperluas layanan finansial bagi konsumen yang belum memiliki akses ke perbankan dan merchant di Indonesia?

Kedua, bagaimana startup mengembangkan layanan remitansi lintas negara yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengirimkan dan menerima dana?

Ketiga, bagaimana startup mendukung pelaku usaha dalam mengelola dan memperlancar arus pembayaran bisnis domestik dan internasional?

Peserta yang lolos babak final akan mempresentasikan ide di hadapan panel juri di Bali pada 12 September 2019. Finalis akan memperebutkan hadiah utama IDR 350 juta dan hadiah untuk pemenang favorit sebesar IDR 75 juta.

Visa Everywhere Initiative pertama kali diluncurkan tahun 2015 untuk mengasah kreativitas dan talenta komunitas startup di seluruh dunia. Sejak diluncurkan, program tersebut telah mengundang partisipasi lebih dari 4.000 startup di seluruh dunia, dengan total pendanaan kolektif mencapai lebih dari US$ 2,5 miliar.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)