WeCare.id Distribusikan APD ke 156 RS

WeCare.id menggelar meluncurkan situs #APDUntukNegeri untuk mendukung tenaga kesehatan dalam memerangi virus Covid-19.

Situs ini dibuat untuk menggalang bantuan keseharan dan penyediaan APD untuk tenaga medis. Situs tersebut memuat data rumah sakit dan kesehatan primer yang membutuhkan APD secara realtime, data penyediaan APD, distribusi APD hingga ke wilayah yang jauh dari pusat.

Dr. Mesty Ariotedjo, Salah Satu Pendiri WeCare.id menjelaskan sebagai dokter dirinya merasakan langsung sulitnya mendapatkan APD sejak wabah Covid-19 muncul.

“Hingga saat ini kami telah berhasil mendistribusikan APD ke 156 rumah sakit dan klinik. Angka ini masih 10% dari total keseluruhan. Tentunya dibutuhkan usaha yang lebih besar, lebih cepat, dan efisien agar seluruh rumah sakit, puskesmas, dan klinik dapat terpenuhi kebutuhan APDnya,” kata dia.

Hingga tertanggal 3 April 2020, sudah ada 1.375 rumah sakit, puskesmas, dan klinik yang mendaftarkan kebutuhan APD mereka melalui situs WeCare.id. Adapun estimasi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebesar Rp543 miliar.

“Saat ini tercatat telah ada 2.500 individu yang telah bergabung untuk berdonasi bersama kami,” kata dia menambahkan. Seperti diketahui, berdasarkan data dari covid19.go.id dan kemenkes.go.id per 2 April 2020 pukul 16.00 WIB, kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai angka 1.790. Sebanyak 170 orang meninggal dunia dan diantaranya terdapat 17 tenaga kesehatan atau 10% dari total yang meninggal dunia.

Salah satu penyebab tingginya angka kematian pada tenaga medis adalah ketidaktersediaan APD yang layak dan memadai di rumah sakit ataupun pusat pelayanan kesehatan di berbagai daerah di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan tenaga medis memiliki risiko tinggi terpapar virus SARS-COV2.

Saat ini, platform telah berkolaborasi dengan 30 rekanan di antaranya Tokopedia Salam, PT Paragon Technology and Innovation, The Body Shop, Sayurbox, Indomie, dan SiCepat.

Selain itu, platform juga menggandeng 10 publik figur untuk meningkatkan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait darurat COVID-19 di Indonesia dan krisis APD tenaga kesehatan. Beberapa public figure yang digandeng adalah Dian Sastrowardoyo, Maudy Ayunda, Raline Shah, Sandra Dewi, dan Rossa.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)