Management Trends zkumparan

WWF dan Traveloka Dorong Mitra Gencarkan Pariwisata Berkelanjutan

Traveloka kembali menggelar acara Traveloka Market Update dterkait perkembangan bisnis akomodasi Traveloka dan ekosistem digital dalam bisnis perhotelan. Pada kesempatan yang sama, Traveloka bersama dengan WWF-Indonesia, memperkenalkan Program Signing Blue kepada mitra hotel dan mendorong para mitra untuk mengimplementasikan praktik bisnis yang mendukung pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

John Safenson, Vice President of Market Management – Accommodation, Traveloka, mengungkapkan, “Kami berharap acara Traveloka Market Update ini dapat memberikan perspektif menyeluruh kepada para mitra hotel mengenai perkembangan bisnis kami dan situasi industri bisnis saat ini, sehingga para mitra dapat menentukan strategi bisnis dengan lebih baik lagi ke depannya.”

Traveloka Market Update kali ini diadakan di Bali yang merupakan salah satu kota wisata dengan jumlah wisatawan mancanegara tertinggi. Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Bali mencatat bahwa jumlah wisatawan mancanegara di Bali pada tahun 2019 per Oktober mencapai 5.240.297 pengunjung, yang menjadikan Bali sebagai salah satu wilayah vital dari perkembangan bisnis Traveloka. Melihat fenomena tersebut, Traveloka melihat pentingnya mendorong mitra hotel di Bali untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan pariwisata di Bali khususnya untuk bisnis akomodasi.

Setelah resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan WWF-Indonesia pada akhir November lalu, kini Traveloka memperkuat komitmennya dengan mengundang WWF-Indonesia sebagai narasumber untuk memberikan edukasi terkait praktik terbaik untuk mendukung konservasi lingkungan, kelestarian hayati laut, serta pemberdayaan masyarakat setempat yang dapat dilakukan oleh pengelola hotel di Bali.

Bernaung dalam Program Signing Blue, Traveloka dan WWF-Indonesia mendorong para mitra untuk mendaftarkan diri dalam program ini untuk mendapatkan informasi dan sosialisasi komprehensif dari WWF-Indonesia dalam upaya pelestarian wisata. Melalui Program Signing Blue, para mitra akan diberikan edukasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan praktik bisnisnya di beberapa aspek yang melingkupi lingkungan, sosial ekonomi dan budaya, serta efektivitas manajemen.

Terkait kerja sama Traveloka dengan WWF-Indonesia, John menambahkan, pihaknya melihat sudah banyak para mitra hotel yang mulai melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan, contohnya yaitu dengan mengajak konsumen untuk lebih memperhatikan penggunaan plastik, pemakaian air, meminimalisir penggunaan energi listrik dan lain-lain.

“Hal inilah yang mendasari kami dalam menimbang bahwa Program Signing Blue ini dapat menjadi wadah bagi para mitra untuk mendapatkan dukungan penuh dalam mengimplementasikan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, yang mana tentu saja akan memberikan nilai tambah bagi hotel. Kami optimistis bahwa kolaborasi dari berbagai pihak dalam gerakan sederhana ini akan membawa dampak yang besar bagi kemajuan pariwisata Indonesia,” jelas dia.

Dr Imam Musthofa Zainuddin, Marine & Fisheries Director, WWF-Indonesia, menjelaskan, program ini mendukung sekaligus mendorong mitra hotel dalam menjalankan tata kelola dan praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Signing Blue adalah program yang diinisiasi oleh WWF-Indonesia untuk mewujudkan pariwisata yang bertanggung jawab (Responsible Tourism), termasuk untuk wisata bahari. Sebagai langkah awal dari kemitraan strategis dengan WWF-Indonesia, Traveloka menyematkan edukasi Program Signing Blue dengan tujuan menyelaraskan dan meningkatnya performa mitra hotel Travelola area Bali dengan kelestarian lingkungan dan alam. Diyakini, kelestarian alam dan lingkungan yang terjaga baik akan mendukung kinerja usaha hotel untuk terus meningkat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved