Trends

XL Axiata, Grab dan Tokopedia Jalin Kemitraan Strategis

(ki-ka) Director & Chief Commercial Officer – Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, ViceChairman & Co Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, dan Director of Partnership & Business Development, Grab Indonesia, Kertapradana Subagus

Guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan sekaligus mendorong penjualan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerja sama strategis dengan Grab dan Tokopedia. Ini merupakan langkah XL Axiata untuk menyesuaikan diri dengan tren belanja masyarakat melalui saluran digital. Dalam kerja sama ini, Grab dan Tokopedia akan berperan sebagai modern channel master aggregator yang akan mendukung perluasan dan pengembangan distribusi penjualan produk XL Axiata ke seluruh saluran distribusi di bawah masing-masing, sehingga diharapkan juga akan bisa meningkatkan akuisisi pelanggan. Kerjasama ini efektif berjalan mulai Juli 2021. Kerja sama ini sekaligus melengkapi rangkaian perayaan XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

”Kerjasama dengan dua perusahaan besar berbasis teknologi digital di Indonesia ini sangat strategis dan menjanjikan bagi pengembangan bisnis XL Axiata. Grab dan Tokopedia menyediakan ekosistem yang sangat lengkap, yang bisa menciptakan berbagai kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan produk-produk XL Axiata, sekaligus akan mendorong penjualan. Kami berharap, kerja sama ini pada akhirnya akan bisa meningkatkan pertumbuhan eksponensial pada market share XL Axiata,“ ungkap Director & Chief Commercial Officer – Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses.

Sebagai partner, Grab dan Tokopedia, menurut David, memiliki kesamaan visi untuk bersama-sama mengambil manfaat dari trend belanja online yang saat ini terus meningkat yang didorong Covid-19 masih mewabah dan memaksa masyarakat untuk beraktivitas secara produktif dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tanpa perlu keluar dari rumah.

“Grab berkomitmen untuk menghadirkan layanan dan produk yang dapat mempermudah kegiatan harian masyarakat. Produk digital telah menjadi salah satu kebutuhan sejalan dengan tren aktivitas online yang terus meningkat di tengah pandemi. Melalui kerja sama ini, Grab dapat memperluas penawaran berbagai produk digital XL Axiata ke dalam ekosistem kami, mulai dari mitra pengemudi, mitra merchant, agen, hingga konsumen. Kami berharap, kolaborasi ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai produk digital dan turut mengembangkan ekonomi digital tanah air,” ujar Kertapradana Subagus, Director of Partnership & Business Development Grab Indonesia.

Grab, menurut Kartapradana, telah menghadirkan produk digital sebagai bagian dari Grab for Business yang sebelumnya dikenal sebagai Grab Digital Business. Layanan ini telah hadir lebih dari 3 tahun untuk melayani ekosistem Grab di Asia Tenggara dan menjangkau 500 kota di Indonesia.

Sekarang perusahaan dapat mengintegrasikan produk XL Axiata secara langsung sebagai tambahan dari berbagai produk digital yang telah tersedia di Grab for Business. Grab juga menghadirkan customer support yang siap sedia 24 jam seminggu untuk melayani perusahaan dan para pelaku usaha individu yang menggunakan layanan ini.

Head of Digital Goods Tokopedia, Katherina Tjin, mengatakan, “Kemitraan antara Tokopedia dan XL Axiata ini sejalan dengan komitmen kami sebagai perusahaan teknologi Indonesia untuk #SelaluAdaSelaluBisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk produk digital dari XL Axiata, di mana pun kapan pun. Selain itu, kemitraan ini juga diharapkan dapat mempermudah seluruh mitra strategis di ekosistem Tokopedia dalam melakukan distribusi produk digital melalui mekanisme terintegrasi yang aman dan mudah sekaligus menjadi kunci dalam menghadapi pandemi sekaligus berkontribusi pada pemulihan perekonomian Indonesia.”

Kerja sama ini juga akan memberikan manfaat lebih kepada pelanggan. Dengan ekosistem yang sangat kuat di Indonesia, Grab dan Tokopedia akan memudahkan masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk memperoleh produk XL Axiata di semua mitra dan ekosistem milik keduanya. Akan ada fitur baru dalam kerjasama ini yang memudahkan setiap pelanggan mendapatkan promo penawaran yang sudah disesuaikan dengan profil dan kebutuhan masing-masing pelanggan. Pelanggan cukup klik atau memilih promo tersebut dan melakukan pembayaran. Bentuk penawaran seperti ini hanya akan ada secara eksklusif di saluran milik Tokopedia dan Grab.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved