Yamaha Indonesia Eksportir Terbesar Motor Yamaha

Penjualan motor Yamaha lewat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang tidak semoncer kompetitornya Honda via PT Astra Hoda Motor (AHM). Namun, siapa sangka pabrik yang berlokasi di Kawasan Pulo Gadung milik Yamaha ini justru menjadi eksportir motor Yamaha terbesar di dunia, mengalahkan perusahaan induknya Yamaha Motor Co.

Menurut Executive Vice President YIMM, Dyonisius Beti, ekspor Yamaha berawal dari tahun 1997, atau tepatnya 20 tahun yang lalu, yang kemudian berlanjut pada tahun 2014. Ekspor yang terakhir ini menyasar pasar di negara-negara Eropa serta  wilayah-wilayah lain di dunia yang menjadi pasar baru untuk Yamaha.

Yamaha

Yamaha XMax-300

Pada 1977, ekspor pertama kali dilakukan untuk produk umum atau jenis motor tertentu yang bisa diproduksi di Indonesia, Thailand, atau Filipina agar bisa diekspor ke negara lain. Tapi, tahun 2014, Yamaha Indonesia mulai memproduksi model yang bisa berlaku secara global. Langkah ini terlihat ketika Yamaha mulai memberlakukan aturan satu tipe yang akan dipasarkan di seluruh dunia dan model ini hanya diproduksi di satu pabrik atau wilayah saja, yakni pabrik Yamaha Indonesia.

Hingga saat ini, Yamaha lebih dari 40 negara yang ada di dunia. Model global untuk ekspor yang pernah diproduksi oleh Indonesia seperti R25, R3 dan juga NMAX 125 atau 155. Sementara itu, model global terbaru Yamaha racikan Indonesia yang kini di ekspor adalah XMAX 300, skuter yang lebih bongsor dari versi NMAX.

Sebanyak 24 Ribu Yamaha Xmax 300 buatan Indonesia, siap diekspor ke luar negeri hingga akhir 2017. Untuk tahap pertama, motor ini akan dikirim ke negara-negara seperti Italia, Prancis dan Inggris. Selanjutnya negara yang siap menyambut Xmax 300 adalah Asia, Australia dan Amerika Serikat. Xmax dibanderol 5.499 Euro atau sekitar Rp 77 juta. “Hari ini saya bangga untuk mengumumkan bahwa secara resmi, Xmax salah satu dari skuter maxi Yamaha, akan diekspor ke Eropa. Dan saya sangat senang berada dalam pembukaan event ini bersama-sama Anda,” ujar Presdir YIMM, Minoru Morimoto (Selasa, 18/4).

XMax ekspor bermesin 300 cc. Skutik besar ini memiliki berbagai kelebihan dibanding varian sebelumnya yang juga dipasarkan di Eropa. Mulai dari penggunaan mesin blue core terbaru, bobot yang hanya 179 kg lebih ringan dibanding skutik lain di kelasnya. Penggunaan fitur smart key, anti-lock braking system (ABS) dan traction control system (TCS).

Sedangkan Xmax untuk pasar Indonesia berkubikasi 250 cc. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) tahun lalu. Perbedaan dengan versi ekspor hanya kapasitas mesin saja. Fitur-fiturnya kurang lebih sama. Rencananya skutik itu mulai didistribusikan pada masyarakat tengah tahun ini.

Sampai saat ini Yamaha Indonesia sudah mengekspor motor lebih dari satu juta unit. Di samping keempat model global tersebut, masih ada model lain yang ternyata juga masuk ke dalam daftar ekspor Yamaha yakni Force 115, Xabre 150, MT25, dan Soul GT 125.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Honda New CBR 150 R, Vario 150 dan 125, Tampil Dengan Warna Baru

Kurang dari sebulan PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan beberapa produk motornya, yakni Supra GT150, kemudian Honda CBR150 dan yang...

Close