Marketing Trends

Yamaha New R-15 Patok Target Penjualan 7.500 Unit/Bulan

Yamaha New R-15 Patok Target Penjualan 7.500 Unit/Bulan

Setelah lama publik menerka kapan motor baru Yamaha R15, akhirnya pada 22 Januari 2017 (meski meski hanya terbatas untuk kalangan internal, dealer dan undangan) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan produk baru andalannya di kelas sportberfairing, yakni All New R15. Acara peluncuran ini bertepatan dengan kedatangan pembalap tim Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, ke Tanah Air. Khusus Maverick Vinales—pembalap baru dari Tim Yamaha menggantikan Jorge Lorenzo– didaulat sebagai brand ambassador All New R15 untuk event peluncuran ini di Sentul International Circuit, Bogor, Senin 23 Januari 2017.

Menurut Executive Vice Presiden Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, pihaknya memang belum menjual motor ini untuk umum, tapi rencananya akan dilakukan semester 1 ini.

Yamaha R15

Yamaha R15

Yamaha R15 baru adalah pengembangan dari motor sebelumnya yang sudah diluncurkan sejak 2014 lalu. Motor ini diklaim memiliki banyak penggemar. Hingga akhir 2016 lalu, tercatat137 komunitas R15 di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI). Desain All New R15 mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan mengedepankan unsur Super Sport. Motor ini menggunakan rangka Deltabox dan New Design Aluminium Rear Arm yang menjadikan pengendalian motor lebih stabil.

All New R15 juga diklaim memiliki performa terbaik di kelasnya. Penggunaan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) menjadikan tenaga mesin semakin besar namun hemat bahan bakar. All New R15 memiliki power maksimum sebesar 14.2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.7 Nm / 8500 rpm. Penggunaan fitur baru Assist & Slipper Clutch, fitur yang biasanya hanya ada pada motor besar. Dan untuk pertama kalinya diaplikasikan di motor sport kelas 150cc. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling, sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Suspensi depan Up Side Down yang dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar (Front tire: 100/80-17, Rear tire: 140/70-17) membuat pengendalian lebih sempurna. Penggunaan rem cakram lebar di roda depan (Wide Front Disc Brake) ber-diameter 282 mm membuat pengereman semakin maksimal. “Sekarang kami tengah mempersiapkan produksi massal dan rencananya target penjualan 7.500 unit per bulannya,” kata Dyon.

Terkait target penjualan Yamaha tersebut tampaknya sangat ambisius. Data yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia, penjualan R15 pada 2016 lalu hanya sebanyak 37.165 unit. Atau jika dirata-rata, maka tiap bulannya hanya laku 3.000 unit saja. Sementara kompetitornya, yakni Honda CBR150R, pada tahun yang sama terjual 87.554 unit atau rata-rata 7.200 unit per bulan. Namun, dengan sederet kelebihan yang belum dipunyai kompetitor dan membaiknya kondisi perekonomian nasional tahun ini, bukan tidak mungkin target tersebut bisa dicapai.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved