Wonderful Indonesia Co-Branding Forum

Helicity Siap Layani Wisata dengan Helikopter

PT Whitesky Aviaton baru saja meluncurkan Helicity (Helicopter City Transport) dan sekaligus menandatangai nota kesepahaman Kementerian Pariwisata untuk melakukan co-branding partnership Wonderful Indonesia. Perusahaan yang menyediakan sarana transportasi baru dengan menggunakan helikopter ini siap mengudarakan “Wonderful Indonesia” salah satunya melalui program “Wonderful Joy Flight”.

“Kami melihat apa yang bisa dioptimalkan dari program pariwisata sehingga Helicity ini bisa menunjang Pariwisata juga,” ujar Denon Prawiraatmadja, di sela-sela acara peluncuran Helicity di Wisma Aldiron Pancoran, Senin (4 Desember 2017)

Program Wonderful Joy Flight ini akan berlangsung mulai tanggal 5 Desember 2017 – 5 Januari 2018. Program tersebut merupakan program keliling Jakarta dengan biaya terjangkau. Nantinya penumpang akan dibawa terbang untuk menikmati tempat-tempat bersejarah di Jakarta dari udara. Heli ini akan berkeliling melintasi Pulo Mas, Tanjung Priok, Ancol, Kota Tua, Senayan hingga Semanggi.

Selain itu, Helicity yang baru diluncurkan ini juga melayani area Jakarta dan kota penyangga disekitarnya seperti Kepulauan Seribu, Banten hinga Bandung. Rute-rute tersebut telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Adapun untuk bisa mendapatkan layanan ini, pihakya mematok harga mulai dari Rp 7 juta per helikopter untuk durasi terbang selama 15 menit.

“Dalam waktu hanya 15 menit helikopter akan sanggup mencapai titik tertentu seperti dari Cengkareng ke Semanggi, BSD ke daerah Sudirman maupun titik lain di dalam Kota Jakarta dan sekitarnya,” kata Denon.

Denon optimis layanan-layanan tersebut akan mendongkrak industri pariwisata tanah air. Pasalnya indusrti pariwisata sedang bergairah. “Saat ini direncanakan akan mengembangkan wisata di Jakarta, Bintan dan Bali, sebagai penyedia konektivitas, kami harapkan bisa menarik wisatawan mancanegara,” jelasnya.

Bahkan, ia berencana menambah armadanya sebanyak 30 helikopter tipe 505 produksi Bell Helikopters dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Artinya, pihaknya berkomitmen untuk mendukung sektor pariwisata yang affordable atau terjangkau.

Sementara itu, bagi Kemenpar, kolaborasi dengan PT Whitesky Aviation merupakan langkah yang sangat tepat untuk mempromosikan co-branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dengan hadirnya layanan transportasi Helicity dari PT Whitesky Aviation. Ia menyatakan bahwa pengembangan transportasi ini sangat erat kaitannya dengan pariwisata.

Dalam sambutannya, ia menyarankan untuk memasarkan Helicity ini baiknya menggunakan rumus 3A yaitu akses, akomodasi dan atraksi. Hal ini tentunya untuk mempermudah dalam menjual produk, sehingga nantinya produk transportasi ini bisa dikemas dengan bentuk paket wisata sehingga harga bisa bersaing.

“Contohnya seperti penawaran produk diving di Pulau Bawah Kepri. Nantinya Helicity ini bisa melakukan kerjasama dengan travel operator tersebut agar membuat penawaran sepaket dengan transportasi helikopter agar lebih terjangkau,” Arief menjelaskan.

Selain itu Menpar juga menawarkan gagasan berupa Nomadic Tourism, yaitu Caravan Tourism, Glam Camp, dan Home Portable yang apabila dikombinasikan dengan Paket Helicity sehingga bisa menarik wisatawan.

Sri Niken Handayani

Add comment

Archives