zkumparan News

Indonesia Raih Penghargaan Wisata Selam Terbaik di Dunia

pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri), saat menerima penghargaan dari Dive Magazine di Inggris

Pariwisata Indonesia kembali menorehkan prestasi kelas dunia. Kali ini Indonesia memperoleh apresiasi membanggakan itu dari Dive Magazine dari Inggris. Pada pemungutan suara yang digelar 1-31 Oktober lalu, ada tiga jenis kategori yang disodorkan ke khalayak untuk dipilih secara online, yakni: Best Dive Destination (Destinasi Selam Terbaik), Best Dive Center of Resort (Resor Selam Terbaik), serta Best Liveaboard (Kapal Tinggal Terbaik).

Dari tiga kategori tersebut, Indonesia berhasil meraih posisi nomor satu di dua kategori, Destinasi Selam Terbaik dan Resor Selam Terbaik. Dari hasil jajak pendapat tersebut, Indonesia merajai posisi 10 besar destinasi selam terbaik mengalahkan rival kelas berat seperti Filipina, Azores, Meksiko, Maladewa, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji, dan Papua Nugini.

Pada kategori Resor Selam Terbaik 2017, Siladen Resort & Spa di Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, terpilih menjadi juara. Resor yang berada di kawasan Taman Nasional Bunaken itu meraih 820 suara atau 26,31% dari total 3.117 suara. Peringkat kedua diduduki Helengeli Island Resort di Maladewa, tetapi raihannya hanya 469 suara.

Pada kategori Best Liveaboard pun Indonesia berhasil menduduki posisi membanggakan meski bukan di posisi nomor satu. Dalam kategori ini, Pelagian dari Sulawesi menduduki peringkat kedua.

Atas keberhasilan wisata selam Indonesia ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan terima kasih kepada seluruh warganet atas partisipasinya. Ia juga tidak lupa mengapresiasi peran anak-anak muda yang tergabung dalam GenPI (Generasi Pesona Indonesia) dan GenWI (Generasi Wonderful Indonesia) yang aktif dalam memberikan suara. Bagi Arief, prestasi menjadi jawara kelas dunia di bidang wisata underwater ini memperkuat reputasi Indonesia di level global, menaikkan tingkat kepercayaan diri dan kepercayaan publik dunia.

Selain berhasil memborong penghargaan Dive Magazine, Indonesia juga kembali berpartisipasi di bursa pariwisata internasional WTM London 2017 yang diadakan di ExCel London, Inggris. Wonderful Indonesia kali ini membawa kontingen yang terdiri dari 48 pengusaha bidang pariwisata sebagai seller dan tujuh perwakilan pemerintah daerah/Dinas Pariwisata sebagai exhibitor di Paviliun Indonesia. Tema yang diusung Indonesia di ajang ini adalah “Kekuatan Bahari Indonesia sebagai Negara Maritim dengan Keragaman Budayanya”. Tema tersebut ditransformasikan dalam bentuk kapal Phinisi dan rumah Sumba sebagai focal point yang merepresentasikan Indonesia sebagai negara maritim sekaligus kepulauan terbesar di dunia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved