zkumparan News

Kemenpar Siapkan 7 Destinasi Wisata Unggulan Selama Asian Games 2018

Menjelang Asian Games 2018, Kementerian Pariwisata bersama pelaku industri pariwisata telah menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di 7 destinasi wisata unggulan.

Menpar, Arief Yahya, mengatakan, nantinya akan ada sekitar 150 ribu hingga 200 ribu penonton Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. Untuk itu, pihaknya memilih Jakarta-Palembang dan sekitarnya Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali sebagai destinasi wisata yang ditawarkan.

“Paket wisata ini sudah disiapkan dan dipromosikan setahun yang lalu. Pembeli paket wisata itu tentunya tergantung penonton yang datang,” ujarnya.

Ia memproyeksikan penonton terbanyak berasal dari Tiongkok, sedangkan event yang akan banyak menyedot penonton yakni final sepak bola. Karena nantinya penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta.

Sehingga diharapkan penyelenggaraan Asian Games 2018 ini akan meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja. Selain itu, bisa mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olah raga. “Kami memproyeksikan kegiatan pesta olahraga ini akan menarik kunjungan sebanyak 200 ribu wisman dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp 3,6 triliun.”jelasnya saat peluncuran Voting Atlet Favorit dan Lomba Video #PesonaAsianGames 2018 di lobby utama Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), (6/7/2018).

Seperti diketahui penyelenggaraan pesta olahraga terbesar se-Asia ini akan diikuti 10.000 atlet dan 5.000 officials dari 45 negara yang akan berlaga dalam 462 pertandingan yang disaksikan sekitar 2 juta penonton.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved