zkumparan News

Menggoyang Lidah Warga Rusia dengan Festival Kuliner Indonesia

Oleh Keg

Festival Kuliner Indonesia di jaringan Restoran Grabli di Moskow, berlangsung pada 27 April-18 Mei 2018.

Diplomasi kuliner Indonesia menggoyang Moskow. Mengawali musim semi di Rusia, KBRI Moskow bekerja sama dengan Restoran Grabli Moskow menyelenggarakan Festival Kuliner Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, festival yang berlangsung selama tiga minggu dari 27 April hingga 18 Mei 2018 ini digelar secara serentak di delapan gerai Restoran Grabli di Moskow.

Acara pembukaan dipusatkan di salah satu Restoran Grabli pada 27 April 2018 di sebuah pusat perbelanjaan yang besar dan strategis, Children’s World Department Store (Detskiy Mir), di Lubyanka, sekitar 750 meter dari Lapangan Merah dan Kremlin.

Para juru masak sedang menyajikan Soto Ayam.

Direktur Komersial Restoran Grabli, Alexander Rozhnikovsky dalam sambutannya mengatakan bahwa festival seperti ini baru pertama kali dilakukan di Grabli. Pengunjung tidak hanya akan menikmati menu makanan Indonesia, tetapi juga nuansa Indonesia melalui dekorasi dan iringan musik, serta pertunjukan budaya Indonesia.

“Mengembangkan menu eksotis dengan bahan-bahan langka di Rusia untuk jaringan besar restoran seperti Grabli dengan harga yang kompetitif merupakan suatu tantangan nyata bagi kami. Tapi kami mendapat dukungan dan kerja sama dari para juru masak profesional Indonesia dan KBRI Moskow,” kata Alexander Rozhnikovksy yang juga merupakan salah satu pemilik dari Restoran Grabli.

Alexander menambahkan bahwa setiap hari sekitar 20 ribu orang mengunjungi seluruh jaringan Restoran Grabli. Dengan 22 hari penyelenggaraan, berarti festival ini akan dikunjungi sekitar 440 ribu pengunjung. Diharapkan festival ini dapat turut memperkenalkan Indonesia dan budayanya kepada warga Moskow dan pengunjung Ibukota Rusia ini.

Para tamu undangan sedang menikmati Soto Ayam.

Hampir semua pengunjung festival adalah warga Rusia. Warga Indonesia sendiri di seluruh Rusia hanya sekitar 1000 orang, 400 di ataranya di Moskow.

Menurut Dubes Wahid, kendati jaringan restoran Grabli ini sudah sangat modern dan tempatnya luas dan bersih, tapi sasaran konsumen yang digarap melalui festival ini adalah kelas middle-low. Sebelum ini, tambah Dubes Wahid, mereka sudah pernah menyelenggarakan program serupa dengan mengajak restoran papan atas. Namun ternyata tidak efektif.

Festival Kuliner Indonesia menampilkan berbagai sajian makanan Indonesia yang eksotik mulai dari menu pembuka, menu utama hingga menu penutup. Terdapat 10 menu yang disajikan selama festival. Itu antara lain: urap, soto ayam, nasi goreng, risoles, sate ayam, dan semur daging. Makanan-makanan Indonesia diolah dan disiapkan oleh lima juru masak profesional Indonesia yang khusus didatangkan dari Belanda.

Dubes RI Moskow M. Wahid Supriyadi dan Direktur Komersial Restoran Grabli Alexander Rozhnikovsky membuka Festival Kuliner Indonesia di Retoran Grabli di Moskow.

Menurut salah seorang warga Rusia, Inna Izykheeva, Festival Kulier Indonesia akan sangat menarik bagi warga dan tamu-tamu Moskow. Kuliner Indonesia memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri dengan bumbu-bumbu yang digunakannya dibandingkan dengan kuliner-kuliner negara lain.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, mengatakan Festival Kuliner Indonesia ini dilaksanakan tidak hanya untuk lebih mempromosikan kuliner dan budaya Indonesia di Rusia, tetapi dengan festival ini diharapkan juga dapat digarap berbagai peluang ekonomi, bisnis, dan pariwisata.

Sebagai contoh, “Di Rusia tidak ada kecap dan beberapa rempah-rempah, seperti kemiri, laos, dan lainnya,” ujar Dubes Wahid. “Untuk itu, Grabli bersedia mengimpor berbagai bahan rempah-rempah tadi dari Indonesia,” lanjutnya.

Dubes Wahid mengharapkan ke depan akan ebih banyak lagi restoran di Moskow yang menyajikan kuliner Indonesia. Dengan semakin populernya masakan Indonesia diharapkan dapat mendorong warga Rusia untuk berwisata ke Indonesia. Tahun 2017 jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia meningkat 37,28% menjadi lebih dari 110 ribu orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Grabli merupakan salah satu jaringan besar restoran di Moskow yang menyajikan masakan Rusia dan internasional secara swalayan. Jaringan Restoran Grabli adalah bagian dari Rozhnikovsky Gastronomic Academy Holding yang didirikan oleh seorang pemilik restoran terkenal Roman Mikhailovich Rozhnikovsky. Pertama kali jaringan Restoran Grabli dibuka pada 2003 dan saat ini sudah mereka sudah memiliki 10 restoran, yaitu sembilan di Moskow dan satu di kota Voronezh. Setiap tahun Restoran-restoran Grabli dikunjungi sekitar 7 juta orang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved