Youngster Inc. StartUp

Kampanye Crowdfunding Masjid Chiba Jepang Raih Donasi Rp 2 Miliar

Kampanye Crowdfunding Masjid Chiba Jepang Raih Donasi Rp 2 Miliar

Penggalangan dana secara online (crowdfunding) di Indonesia memasuki babak baru. Kampanye kitabisa.com/masjidchibajepang berhasil mengumpulkan donasi lebih dari 2 Miliar, menciptakan rekor baru kampanye crowdfunding online. Rekor sebelumnya dipegang kampanye Kitabisa.com/tristanalif yang diinisiasi oleh Rhenald Kasali & Andrinof Chaniago dan berhasil mengumpulkan total dana Rp 879 juta untuk beasiswa pendidikan bola bagi Tristan Alif yang dijuluki “Messi Indonesia”.

Kampanye crowdfunding untuk Masjid di Chiba ini berawal dari komunitas muslim Indonesia di Chiba (Jepang) yang bertahun-tahun menyewa tempat untuk beribadah. Tahun ini mereka mencoba membeli gedung untuk dijadikan masjid. Adapun, batas akhir pelunasan adalah 20 September, jika tidak lunas uang muka akan hangus. Mereka kemudian melakukan berbagai cara untuk menggalang dana hingga akhirnya memulai kampanye di Kitabisa.com. Dengan bantuan para netizen, laman tersebut telah di-share melalui sosial media.

Tampilan Kampanye Masjid Chiba Jepang

Tampilan Kampanye Masjid Chiba Jepang

Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, meyakini rekor pencapaian crowdfunding online di Indonesia akan terus tumbuh seiring dengan peneterasi internet yang berdampak pada market size situs yang Ia dirikan pada tahun 2013 tersebut. Internet dan media sosial memudahkan kampanye crowdfunding saat ini. Kenaikan pengguna media sosial berhasil menyebarkan kampanye dengan efektif dan efisien, sementara perkembangan internet membuat para calon donatur menjadi lebih mudah menyalurkan bantuannya. Kitabisa.com meyakini bahwa perkembangan teknologi tentu membuat upaya pengumpulan dana secara digital akan kian mudah.

“Saya meyakini berdonasi secara online akan menjadi tren seiring dengan waktu. Mereka yang ingin menyalurkan dana kini bisa dengan mudah memilih kampanye apa saja yang ingin mereka dukung dalam satu klik. Kitabisa.com juga memiliki sistem pelaporan yang jelas dan transparan, banyak pilihan pembayaran dan donatur bisa mendapatkan update terkini tentang penggunaan dana melalui email,” tutur Alfatih.

Platform yang berdiri sejak tahun 2013 ini telah mengumpulkan donasi Rp 30 miliar dengan lebih dari 2 ribu kampanye. “Siapapun bisa menggalang dana di Kitabisa.com, mulai dari biaya medis, memberikan beasiswa, membangun rumah ibadah, dll. Tinggal buka website kami dan klik tombol ‘galang dana’. Kami berusaha membuat proses galang dana menjadi lebih transparan dan viral,” tambah Alfatih.

Hingga per hari ini sudah terkumpul Rp 2.109.700.057 dari 4000 donatur. Mayoritas donatur adalah masyarakat Indonesia sendiri yang melihat Facebook post dari KitaBisa.com, dan sebagian kecilnya adalah diaspora Indonesia dari berbagai negara. Kampanye ini akan terus berjalan hingga tanggal 20 September 2016.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved