Wishkoo.com Berkonsep Patungan Kado

Social commers lokal kembali dimeriahkan oleh pendatang baru, Wishkoo.com, sebuah situs unik yang memangku konsep kado. Konsep utamanya adalah mengabulkan permintaan user yang sedang menginginkan sesuatu dalam bentuk barang, dan dapat dibeli secara on the spot maupun patungan.

Sasaran utamanya adalah anak muda rentang usia 13-24 tahun, karena berdasarkan data yang diperoleh, rentang usia tersebut menjadi penguasa dari 68 % pengguna sosial media. Di samping itu, mereka juga sangat dekat dengan budaya patungan.

Seolah ingin membedakan dengan jejaring sosial lainnya, Wishkoo.com, mengaku bahwa ide ini berasal dari gagasan sendiri, yaitu Chaya Kusuma, selaku founder. Ide ini disinyalir belum pernah ditemui di negara manapun, sehingga Wishkoo.com mengklaim dirinya sebagai pionir.

Konsep patungan ini dalam artian buying powernya ada, tinggal ditindaklanjuti lewat perlakuan. Kami berharap bahwa kebiasaan ini bisa cacth on setelah mereka lulus kuliah, dimana pasti akan ada acara lebih heboh lagi, seperti kawinan, pindah rumah, punya anak, dan sebagainya. Dari situlah, mau tidak mau kita harus mengkado, karena budaya di Indonesia kalau tidak mengkado, akan merasa segan. Seperti itulah ide Wishkoo ini muncul,” terang Chaya.

Barang-barang yang ditawarkan juga sangat unik dan wishable. Saat ini sudah ada 250 produk yang dirolling setiap minggunya. Barang-barang yang dipilih adalah yang kira-kira diinginkan oleh mayoritas orang. Di situsnya sendiri akan ada kotak “Wishlist”, di mana user yang berulang tahun atau yang menginginkan sesuatu akan menuliskan barang yang diinginkan, kemudian di-share. Tujuannya supaya bisa dilihat oleh teman-temannya. Teman-temannya tersebut kemudian akan mewujudkan keinginan si user dengan cara patungan.

Tidak hanya itu, Wishkoo.com juga memiliki program untuk mewujudkan keinginan user, yang apabila telah mendapatkan keinginannya, akan menggunakan sistem “kaul”. Misalnya, ketika hadiah sudah di dapat, user harus menepati kaulnya untuk berjalan mudur dari Pancoran ke Senayan, dan sebagainya.

Untuk menggaet banyak user, Wishkoo.com berpartner dengan selebriti Daniel Mananta yang sekaligus berperan sebagai co-founder. Daniel dinilai memiliki social power yang besar. Hal tersebut terlihat dari followernya yang berjumlah jutaan di social media. Dari situlah, Daniel akan mudah untuk mempertemukan Wishkoo dengan sponsorship, endorsement, dan lain-lain.

Yang saya lihat potensi Wishkoo ini adalah sebuah ide dari anak Indonesia yang bisa go international. Kalau misalnya kita bisa mengekspose ide ini ke luar negeri saja, saya rasa akan sangat menarik. Big visionnya, ide ini nantinya akan bisa dipakai oleh e-commerce-e-commerce terkenal yang berada di luar negeri,” ujar Daniel. (EVA)

Leave a Reply

2 thoughts on “Wishkoo.com Berkonsep Patungan Kado”

Ide yang orisinil dan keren! Semoga sukses!!!
by Viriyani, 05 Jul 2012, 14:24

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)