Management Strategy

Trafik SMS dan Data Indosat Melonjak

Trafik SMS dan Data Indosat Melonjak

Pada hari raya Lebaran tahun ini, trafik SMS dan data Indosat meningkat tajam. Trafik SMS di hari H meningkat menjadi sekitar 941.93 Juta SMS, atau naik 34.96% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94.60% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat.

Ttingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 92.67% walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di kota wilayah Sumatera Utara (146.69%), Kalimantan (89.55%), dan Sumatera Selatan (86.17%).

Sementara itu, trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 596.46 terabyte per hari, atau naik 30.60%, dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa. Trafik SMS tahun ini naik 44.43% dibandingkan trafik SMS pada hari H tahun 2014. Dan trafik komunikasi data meningkat 232.36% dibanding trafik tahun lalu.

Indosat mengklaim telah sukses melayani seluruh pelanggannya selama masa Mudik Lebaran 2015. Hal ini, jelas Indosat berkat kesiapan seluruh Jaringan Selular Indosat, yang telah ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya. Kesiapan jaringan selular Indosat untuk masa Mudik Lebaran 2015 tidak terlepas dari program modernisasi jaringan yang telah dilakukan di berbagai kota di seluruh Indonesia, khususntya di kota-kota tujuan mudik baik di Jawa maupun Luar Jawa.

Ilustrasi indosat

Dari sisi kapasitas, seluruh layanan selular baik suara (voice), SMS, maupun data, telah ditingkatkan sesuai dengan prediksi dan potensi kenaikan yang akan terjadi. Untuk layanan suara (voice) dinaikkan kapasitasnya menjadi 39 juta erlang per hari, untuk layanan SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 miliar SMS per hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 terabyte per hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional.

“Kami berterima kasih atas kesetiaan pelanggan Indosat yang terus menggunakan layanan kami dan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman selama masa Mudik Lebaran 2015 ini,” disampaikan Director & Chief Technology Officer Indosat, John Martin Thompson dalam rilisnya.

Keberhasilan Jaringan Indosat melayani pelanggan dengan baik selama masa Mudik Lebaran 2015 juga tidak terlepas dari pengoperasioan fasilitas baru dari indosat Network Operation Center (i-NOC), sebagai pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional. Peresmian fasilitas baru dari i-NOC ini pada 9 Juni 2015 lalu, juga merupakan bagian dari kesiapan jaringan Indosat, terutama dari sisi pengendalian jaringan, untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Mudik Lebaran 2015 berlangsung dengan lancar dan nyaman.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved