Young Women Leaders

Jurus Irviene Maretha Genjot Penjualan Berrybenka

Jurus Irviene Maretha Genjot Penjualan Berrybenka

Pada 2016, beragam program pengembangan promosi dan bisnis Berrybenka dan Hijabenka digagas oleh Irviene Maretha. Setiap pekan, Manajer Campaign & Marketplace berrybenka.com & hijabenka.com ini menjalankan lebih dari 200 kali kampanye pemasaran di media sosial. Bersama timnya, Irviene memadukan kampanye pemasaran musiman (seasonal campaign) dan signature campaign.

“Selama ini Berrybenka fokus di seasonal campaign dan kurang fokus melakukan kampanye pemasaran yang bisa mengajak kembali konsumen berbelanja. Lalu, kami membuat signature campaign yang selalu ada di setiap bulan, dan bisa menaikkan transaksi di low season,” perempuan kelahiran Malang, 26 Maret 1991, ini menguraikan taktiknya. Program tersebut bertujuan meningkatkan transaksi di musim tertentu.

Signature campaign merupakan inisiatif Irviene. Nama programnya adalah Jumat Berkah di hijabenka.com. Setiap Jumat di awal bulan, konsumen diberi promosi khusus. “Kemudian, program diskon setiap Rabu di pertengahan bulan yang kami namakan Raburuburu di berrybenka.com. Setiap ada campaign itu, sales-nya selalu naik 1,5-2 kali lipat dari biasanya. Jadi, itu salah satu contoh sukses,” Irviene mengklaim.

Setiap hari kerja, Irviene dan tim di unitnya rutin melakukan koordinasi antara tim pemasaran dan produk. Koordinasi itu untuk mengkaji data penjualan, transaksi, produk yang terjual dan kanal pemasaran; mengelaborasi ide pemasaran kreatif yang efektif; dan sebagainya. Kesimpulan dari rapat itu dijadikan patokan untuk melaksanakan strategi pemasaran tertentu di hari-hari selanjutnya.

Irviene menuturkan, perusahaannya bermitra dengan 10 toko online untuk memacu nilai penjualan. “Kami juga menciptakan personalisasi berbagai channel pemasaran, seperti website, news letter dan mobile apps. Contoh personalisasi itu adalah mengirimi konsumen news letter mengenai Hari Valentine atau jumlah transaksinya via e-mail. Tujuannya, agar konsumen berbelanja lagi di Berrybenka,” tutur lulusan S-1 Manajemen Universitas Paramadina ini. Dia mengklaim si konsumen mengapresiasi cara demikian. Konsumen yang puas itu pun mengunggah kisahnya di akun media sosial. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved