Management Trends zkumparan

MUFG Dukung Pendanaan Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG), melalui entitas Bank of Tokyo-Mitsubishi UFG, mengumumkan penandatanganan dua fasilitas pinjaman sindikasi untuk mendukung dua proyek infrastruktur berskala besar di Indonesia.

MUFG merupakan satu dari 12 bank dan lembaga pendanaan yang menandatangani perjanjian pinjaman sindikasi senilai Rp 19,25 triliun (US$ 1,35 miliar) untuk jangka waktu pinjaman 18 tahun dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Pendanaan tersebut dialokasikan untuk mendukung proyek light rail transit (LRT) yang mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

“Perjanjian tersebut merupakan salah satu kesepakatan pinjaman terbesar yang pernah kami buat pada sektor transportasi perkereta-apian di Indonesia,” jelas Pancaran Affendi, Executive Vice President dan Head of Corporate Banking MUFG Indonesia. Pada kesepakatan tersebut, MUFG berperan sebagai salah satu participating lenders

MUFG juga telah menyelesaikan penandatangan perjanjian pinjaman sindikasi senilai Rp 1 triliun (US$ 70,1 juta) dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Perusahaan ini juga bersama tiga lembaga pendanaan lainnya, mendukung pelaksanaan konstruksi jalan tol Salatiga-Kartasura, yang nantinya akan melengkapi mega proyek jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan kawasan paling Barat dan wilayah paling Timur di pulau Jawa. MUFG bertindak sebagai salah satu Joint Mandated Lead Arrangers and Bookrunners (JMLAB) sekaligus sebagai salah satu agen jaminan pada proses transaksi ini.

Menurut Pancaran, kedua transaksi ini merupakan bukti komitmen MUFG terhadap pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Keterlibatannya lebih jauh menekankan keyakinan MUFG atas prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Yusuke Katsuta, Executive Officer dan General Manager MUFG Indonesia juga menambahkan bahwa pihaknya secara konsisten telah menduduki posisi teratas pada sejumlah proyek pendanaan di tingkat global dalam beberapa tahun belakang ini. “Dengan kapabilitas pendanaan kami ingin berkontribusi dan mendukung kebutuhan infrastruktur untuk dapat membangun perekonomian Indonesia lebih jauh.” ujar Yusuke.

Selama ini MUFG telah mendukung usaha lokal dan bisnis dari Jepang serta sejumlah BUMN di Indonesia. Juga, berpartisipasi secara aktif dalam sejumlah proyek infrastruktur strategis, termasuk di antaranya pembangkit listrik 2×1000 MW Jawa Tengah, proyek LRT Palembang, jalan tol Balikpapan-Samarinda, proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II, dan proyek LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved