Listed Articles

OBG-BKPM Bermitra Bidik Investor

OBG-BKPM Bermitra Bidik Investor

Oxford Business Group (OBG), perusahaan riset publikasi dan konsultan global berupaya meningkatkan cakupan analisa tentang perekonomian Indonesia dengan kembali menggandeng Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Kerja sama OBG dan BKPM yang telah memasuki tahun kelima ini dilakukan dalam rangka penyusunan The Report: Indonesia 2011.

BKPM akan bermitra dengan tim riset dan editorial OBG untuk menghadirkan analisa aktivitas perekonomian dan peluang investasi di Indonesia. Panduan baru tersebut akan fokus pada langkah-langkah yang diambil Indonesia untuk terus meningkatkan iklim investasi yang kondusif di tengah kondisi perekonomian yang terus membaik.

BKPM menjadi ujung tombak dalam upaya Indonesia untuk menarik investor secara langsung baik dari dalam maupun luar negeri, sebagai bagian dari rencana pembangunan ekonomi jangka panjang. Sebagai lembaga pemerintah yang bertugas mempromosikan investasi di Indonesia, BKPM memberikan layanan fasilitasi bagi investor serta menjembatani kepentingan pelaku bisnis dengan pembuat kebijakan.

OBG Regional Editor untuk wilayah Asia, Paulius Kuncinas, mengatakan, stabilitas politik dan reformasi ekonomi telah membawa peningkatan yang signifikan serta sentimen positif bagi iklim investasi di Indonesia.

Menurutnya, meski ada sejumlah persoalan seperti perlunya memperbaiki infrastruktur dan mengurangi ketergantungan terhadap komoditas sumber daya alam, Indonesia tetap menjadi tujuan investasi yang menjanjikan. “Saat ini pemain internasional mulai memahami trend makro Indonesia dan berupaya lebih mendalami lagi tren di masing-masing sektor,”ujarnya.

Editorial Manager OBG Josh Franken berharap, kolaborasi antara OBG dengan BKPM akan berfokus pada upaya Indonesia untuk menarik investasi pada proyek yang berkaitan dengan infrastruktur dan industri yang bernilai tambah, yang akan memegang peranan kunci dalam menggerakkan ekspansi perekonomian Indonesia. “Indonesia telah membuat kemajuan besar dalam meningkatkan lingkungan ramah bisnis untuk mendorong investasi di seluruh wilayah,” katanya.

BKPM berada di garda depan untuk menarik investor, khususnya di bidang infrastuktur, dan meletakkan landasan untuk peningkatan ekonomi yang lebih tinggi dalam jangka panjang. Kepala BKPM Gita Wirjawan, mengatakan, The Report: Indonesia 2011 akan memberikan analisa terperinci tentang perusahaan-perusahaan lokal di sektor bisnis utama di Indonesia, serta kemajuan berkelanjutan yang telah dicapai pemerintah.

“Di saat negara kita semakin diakui sebagai salah satu pasar yang paling menjanjikan di dunia, penting bagi kita untuk terus mendukung upaya-upaya kerjasama, seperti The Report: Indonesia 2011, yang berfungsi sebagai media untuk membangun sentimen positif bagi investor global,” jelasnya.

The Report : Indonesia 2011 akan menjadi panduan penting dalam berbagai aspek negara, termasuk makro-ekonomi, infrastruktur, lansekap politik, perbankan dan pembangunan sektoral. Panduan ini juga akan memberikan panduan secara rinci, sektor-per-sektor bagi investor asing, dan akan menghadirkan bab baru mengenai kesehatan. Buku ini juga disertai wawancara dengan tokoh-tokoh politik, ekonomi, dan bisnis. Panduan ini akan tersedia dalam bentuk cetak dan online.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved