Covid 19

Menhub Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Stasiun Pasar Senen

Pemerintah telah menetapkan hari libur dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 28 s.d. 30 Oktober 2020 sebagaimana Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 440 Tahun 2020, Nomor 03 Tahun 2020, Nomor 03 Tahun 2020 tanggal 20 Mei 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 728 Tahun 2019, Nomor 213 Tahun 2019, Nomor 01 Tahun 2019 tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

Untuk memastikan kegiatan libur berlangsung dengan baik, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau stasiun pasar Senen, Jakarta. Menhub mengatakan ada 2 hal yang harus diperhatikan masyarakat untuk tetap menjaga keselamatan di era covid-19. “Saya wanti wanti dengan Ka Daop untuk penjagaan yang lebih baik atau jarak. Pada saat naik kereta api, harus dikawal dengan baik,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (29/10/2020)

Lebih jauh dia mengapresiasi penerapan protokol kesehatan dan social distancing yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan diharapkan penerapan protokol kesehatan tersebut bisa konsisten. “Karena kalau kita bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil,” kata dia menambahkan. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemenhub membagi-bagikan masker kepada penumpang sebagai bentuk kepedulian penerapan protokol kesehatan di waktu libur panjang ini.

Untuk kondisi di area Palimanan, Menhub, menyatakan kondisi saat ini berjalan dengan baik. Kemacetan hanya terjadi di KM 47 dan KM 57. Kementrian Perhubungan sendiri sudah membuat contra flow, sehingga arus kendaraan berjalan dengan baik.

Menhub menghimbau kepada Polisi dan Dinas Perhubungan untuk melakukan random check terhadap jumlah penumpang bis. Sementara itu, untuk pengendara pribadi, dinas terkait bisa melakukan random check untuk memastikan penggunaan masker di dalam mobil.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved