Trends

Experian dan 3 Indonesia Berkolaborasi Tekan Risiko Pemberian Pinjaman

Experian dan 3 Indonesia Berkolaborasi Tekan Risiko Pemberian Pinjaman
Mohan Jayaraman

Experian, perusahaan global penyedia layanan informasi, mengumumkan kerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi (telco) di Indonesia, PT Hutchison 3 Indonesia (3 Indonesia), sebagai bagian dari upaya untuk mendorong inklusi keuangan di negara kepulauan ini. Kolaborasi ini membuat 3 Indonesia sebagai mitra data alternatif untuk PowerScore Experian, suatu penilaian kredit canggih yang menggabungkan data alternatif ‘siap pakai’ dengan pembelajaran adaptif, sehinggs memungkinkan perusahaan pemberi pinjaman (lending) dengan dukungan wawasan (insight) dari perusahaan telco dalam memfasilitasi pengambilan keputusan risiko.

Fokus utama dari PowerScore adalah memberdayakan dan memperluas akses bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan mereka yang terbatas dalam memperoleh layanan finansial (underbanked) untuk mendorong tercapainya inklusi keuangan.

PowerScore yang didukung oleh sumber data alternatif dari perusahaan telekomunikasi dan touchpoint digital baru, menjadi katalisator dalam upaya pemberian pinjaman berbasis risiko yang lebih bertanggung jawab. Data dari para penyedia layanan telekomunikasi seperti 3 Indonesia mewakili sumber data alternatif real-time yang komprehensif sehingga mendukung perusahaan lending membuat keputusan yang lebih akurat.

“PowerScore milik Experian ini dirancang untuk membuat akses terhadap layanan keuangan lebih adil dengan data alternatif, sebagai solusi yang sesuai di tengah masa yang penuh dengan ketidakpastian situasi ekonomi,” ungkap Managing Director Southeast Asia & Regional Innovation, Experian Asia Pacifik, Mohan Jayaraman.

Kolaborasi dengan 3 Indonesia ini, menurut Mohan memfasilitasi pertumbuhan pemberian pinjaman berbasis risiko yang bertanggung jawab dan akan menyediakan modal yang dibutuhkan oleh individu dan bisnis untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang secara berkelanjutan di seluruh Indonesia. “Upaya terbaru kami dengan mitra yang memiliki pemikiran yang sama menegaskan komitmen berkelanjutan Experian membuka peluang dan mobilitas yang lebih baik bagi konsumen unbanked dan underbanked,” tambah Mohan Jayaraman.

Chief Marketing Officer Hutchison 3 Indonesia, Dolly Susanto menyatakan 3 Indonesia berusaha untuk menjadi lebih dari sekedar penyedia layanan telekomunikasi dengan terus menerus mengeksplorasi berbagai kesempatan agar dapat memberi dampak berarti bagi pelanggan.

Experian, perusahaan global penyedia layanan informasi, mengumumkan kerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi (telco) di Indonesia, PT Hutchison 3 Indonesia (3 Indonesia), sebagai bagian dari upaya untuk mendorong inklusi keuangan di negara kepulauan ini. Kolaborasi ini membuat 3 Indonesia sebagai mitra data alternatif untuk PowerScore Experian, suatu penilaian kredit canggih yang menggabungkan data alternatif ‘siap pakai’ dengan pembelajaran adaptif, sehinggs memungkinkan perusahaan pemberi pinjaman (lending) dengan dukungan wawasan (insight) dari perusahaan telco dalam memfasilitasi pengambilan keputusan risiko.

Fokus utama dari PowerScore adalah memberdayakan dan memperluas akses bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan mereka yang terbatas dalam memperoleh layanan finansial (underbanked) untuk mendorong tercapainya inklusi keuangan.

PowerScore yang didukung oleh sumber data alternatif dari perusahaan telekomunikasi dan touchpoint digital baru, menjadi katalisator dalam upaya pemberian pinjaman berbasis risiko yang lebih bertanggung jawab. Data dari para penyedia layanan telekomunikasi seperti 3 Indonesia mewakili sumber data alternatif real-time yang komprehensif sehingga mendukung perusahaan lending membuat keputusan yang lebih akurat.

“PowerScore milik Experian ini dirancang untuk membuat akses terhadap layanan keuangan lebih adil dengan data alternatif, sebagai solusi yang sesuai di tengah masa yang penuh dengan ketidakpastian situasi ekonomi,” ungkap Managing Director Southeast Asia & Regional Innovation, Experian Asia Pacifik, Mohan Jayaraman.

Kolaborasi dengan 3 Indonesia ini, menurut Mohan memfasilitasi pertumbuhan pemberian pinjaman berbasis risiko yang bertanggung jawab dan akan menyediakan modal yang dibutuhkan oleh individu dan bisnis untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang secara berkelanjutan di seluruh Indonesia. “Upaya terbaru kami dengan mitra yang memiliki pemikiran yang sama menegaskan komitmen berkelanjutan Experian membuka peluang dan mobilitas yang lebih baik bagi konsumen unbanked dan underbanked,” tambah Mohan Jayaraman.

Chief Marketing Officer Hutchison 3 Indonesia, Dolly Susanto menyatakan 3 Indonesia berusaha untuk menjadi lebih dari sekedar penyedia layanan telekomunikasi dengan terus menerus mengeksplorasi berbagai kesempatan agar dapat memberi dampak berarti bagi pelanggan.

This image has an empty alt attribute; its file name is Dolly-Susanto_3Indonesia.jpg
Dolly Susanto

“Dengan PowerScore yang telah membuktikan kapabilitas analitiknya untuk menyediakan insight berkualitas tinggi dengan data alternatif yang memungkinkan ekosistem perusahaan lending menjangkau lebih banyak masyarakat di Indonesia. Kami yakin kapabilitas 3 Indonesia menyediakan jangkauan jaringan yang kuat akan membantu masyarakat unbanked mengakses produk finansial yang semakin banyak, khususnya layanan yang disediakan lewat telepon seluler. Jaringan kami tersedia di lebih dari 37.000 desa, 4.000 kecamatan, dan 377 kabupaten di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok. Kami sangat antusias dengan kemitraan kami dengan Experian sebagai mitra data mereka, dan berharap dapat memperdalam kolaborasi kami di tahun-tahun mendatang,” tambah Dolly Susanto.

Kerjasama dengan 3 Indonesia ini menjadi kolaborasi kedua Experian dengan entitas telekomunikasi Hutch. Sebelumnya, Experian berkolaborasi dengan Hutch Sri Lanka pada 2020 untuk mendukung kedinamisan industri di saat negara tersebut memasuki lockdown, membantu para konsumen mematuhi langkah-langkah keamanan dan pergerakan sambil tetap terkoneksi.

“Dengan PowerScore yang telah membuktikan kapabilitas analitiknya untuk menyediakan insight berkualitas tinggi dengan data alternatif yang memungkinkan ekosistem perusahaan lending menjangkau lebih banyak masyarakat di Indonesia. Kami yakin kapabilitas 3 Indonesia menyediakan jangkauan jaringan yang kuat akan membantu masyarakat unbanked mengakses produk finansial yang semakin banyak, khususnya layanan yang disediakan lewat telepon seluler. Jaringan kami tersedia di lebih dari 37.000 desa, 4.000 kecamatan, dan 377 kabupaten di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok. Kami sangat antusias dengan kemitraan kami dengan Experian sebagai mitra data mereka, dan berharap dapat memperdalam kolaborasi kami di tahun-tahun mendatang,” tambah Dolly Susanto.

Kerjasama dengan 3 Indonesia ini menjadi kolaborasi kedua Experian dengan entitas telekomunikasi Hutch. Sebelumnya, Experian berkolaborasi dengan Hutch Sri Lanka pada 2020 untuk mendukung kedinamisan industri di saat negara tersebut memasuki lockdown, membantu para konsumen mematuhi langkah-langkah keamanan dan pergerakan sambil tetap terkoneksi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved