Management Trends

Swarga Beranda Indonesia Ajak UMKM Maju Bersama

Swarga Beranda Indonesia Ajak UMKM Maju Bersama

Konsep restoran dengan makanan Indonesia mungkin sudah banyak kita temui. Tapi restoran yang juga memiliki misi memajukan UMKM Indonesia tidaklah banyak. Adalah Swarga Beranda Indonesia, restoran baru di Sogo Central Park mengusung misi tersebut. Ada 17 UMKM yang secara bergantian setiap bulan bisa memamerkan produk kerajinannya di restoran ini.

Selain menyuguhkan berbagai panganan khas Indonesia, suasana restoran di lantai 1 Sogo Central Park Jakarta ini diharapkan menjadi pilihan mereka yang kangen merasakan suasana restoran khas Indonesia. Nita Rochimah, Founder Swarga Beranda Indonesia dalam acara pembukaan resto ini (10/11/2021) mengatakan Swarga Beranda Indonesia adalah tempat yang diharapkan menjadi show case produk-produk Indonesia.

“Mimpi besar kami masyarakat mencari hasil alam atau kreativitas Indonesia di Swarga Beranda Indonesia. Kami ingin memberikan sebuah gaya baru dalam minum teh, yang disajikan dalam bentuk teh bunga dan rempah yang banyak manfaatnya serta dengan tampilan menarik yang kekinian,” tambahnya.

Sebagai restoran dengan konsep baru, Swarga Beranda Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan padangan dalam mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat budaya Indonesia.

Seperti kerja sama dengan Kaind, produk fashion lokal yang melestarikan Batik Pasuruan dengan memberdayakan pengrajin lokal dalam memproduksi berbagai produk fashion seperti pakaian, kain tenun, aksesoris, hingga batik tulis.

“Kaind berkolaborasi dengan Swarga Beranda Indonesia karena kami memiliki visi dan misi yang sama dalam mengangkat kearifan lokal yang ada di Indonesia. Harapannya semoga SBI bisa menjadi melting pot untuk creative cultureand community, sehingga brand lokal yang menerapkan sustainability bisa semakin dikenal dan semak ininklusif karena mendapatkan kesempatan untuk bertumbuh bersama melalui berbagai bentuk kolaborasi,” ujar Melie Indarto, Pendiri Kaind.

Swarga Beranda Indonesia akan ada event bulanan dan mingguan yang menyesuaikan dengan momentum saat itu. Salah satunya program pada tanggal 20 November 2021 yaity Ice Tie Dye for Kids, ini merupakan kegiatan yang mengajak anak-anak belaar teknik pewarnaan menggunakan es.

Handaka, Managing Director PT Panen Lestari (Sogo) menyambut baik kehadiran restoran yag kental akan budaya Indonesia, apalagi restoran ini mendukung UMKM bertumbuh. Menurutnya, salah satu yang membuat Indonesia bisa melewati krisis ekonomi akibat pandemi ini adalah konsumsi domestik yang tinggi. Masyarakat juga dinilainya terus berkreasi mencari terobosan di tengah krisis ini serta melakukan berbagai kolaborasi. Seperti yang juga dilakukan pendiri Swarga Beranda Indonesia dengan Sogo ini.

“Swarga Beranda Indonesia menjadi bagian dari keluarga besar Sogo dalam menghadirkan kekayaan dan keunikan produk-produk lokal buatan anak bangsa yang layak dinikmati bersama,” katanya.

Di bulan Desember ada dua event yaitu membuat tas, anak-anak akan diajarkan berkreasi mencampur warna, membuat konsep desain yang menyatu dengan alam secara langsung dengan menggunakan pewarna alami. Selain itu ada juga kegiatan “DIY – Xmast Vas painting” menyiapkan hadiah Natal dalam bentuk vas bunga yang digambar secara langsung oleh anak-anak. Event ini bertujuan membangun semangat Natal sejak dini dengan berkreasi memanfaatkan barang yang ada di rumah agar lebih menarik dan kreatif.

Dr. Yuan R. Sang , S.SOS , M.H, Komisaris PT Swarga Beranda Indonesia berharap Swarga Beranda Indonesia menjadi wadah kreativitas bagi siapapun yang ingin mengangkat kekayaan budaya lokal yang perlu dinikmati oleh semua pengunjung di Sogo Central Park ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved