Marketing Trends

Gunakan Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Mental dari Rumah

Gunakan Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Mental dari Rumah

Keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi. Dalam hal ini seseorang bisa merasa sakit secara fisik tetapi tidak terdapat gejala fisik. Biasanya ini disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya yang dirasakan banyak orang selama pandemi.

Hal tersebut diungkapkan Psikolog Indah Sundari dalam virtual media gathering bertajuk ‘Self-Healing Lewat Berkarya Bareng Tokopedia”, Selasa (08/02/2022). Untuk menjaga kesehatan mental dari rumah, menurut Indah, masyarakat perlu mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah, contohnya berolahraga atau melakukan hobi.

Metode yang bisa digunakan untuk self-healing di antaranya, pertama, belajar melukis atau membuat kerajinan tangan. “Melakukan aktivitas seperti melukis ‘paint by numbers’ atau membuat kerajinan tangan misalnya, dapat membantu mengembalikan energi positif sehingga produktivitas bisa ikut meningkat,” kata Indah.

Kedua, meditasi dengan menulis jurnal harian atau membaca. Menulis jurnal harian dinilai dapat membantu seseorang untuk mengurai emosi-emosi negatif agar lebih mudah dipahami. “Selain menulis, perbanyak kegiatan membaca buku, contohnya terkait pengembangan diri,” sarannya.

Ketiga, tetap terhubung dan berbagi cerita. Dengan menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat, kita bisa merasa lebih tenang dan tidak merasa sendirian. Bahkan, kata Indah, dukungan teman atau keluarga bisa membantu menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Kemudian keempat, kenali batas diri sendiri. Ada beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental. Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan terganggu, dan produktivitas menurun karena tidak fokus. “Artinya kita perlu sediakan waktu untuk ‘istirahat’ dari rutinitas, termasuk bekerja, untuk melakukan kegiatan menyenangkan sehingga pikiran kita bisa recharged kembali,” ujar Indah.

Kelima, berolahraga fisik dan mental. Buat rutinitas olahraga yang menyenangkan, misalnya dengan melakukan yoga atau lari pagi. Atau bisa mencoba olahraga rekreasi seperti bermain sepatu roda. Meningkatnya kesadaran untuk menjaga kesehatan mental ini turut mendorong peningkatan pada kategori Olahraga dan Hobi di Tokopedia. Kategori tersebut menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021.

Produk paint by numbers atau alat lukis lainnya serta peralatan kerajinan tangan masing-masing meningkat hampir 2x lipat sepanjang 2021 dibandingkan tahun 2020. Penjualan buku tentang pengembangan diri juga meningkat hampir 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020.

“Kemudian tren berolahraga kian populer di masyarakat. Penjualan produk olahraga di Tokopedia, seperti sepatu roda hingga perlengkapan lari, meningkat lebih dari 2x lipat sepanjang 2021,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved