Technology Trends

Ini Kiat-Kiat Menghindari Penipuan Phishing di Ruang Kripto

Ini Kiat-Kiat Menghindari Penipuan Phishing di Ruang Kripto
Pendiri dan CEO dari bursa kripto CoinEx, Haipo Yang

Industri kripto yang terus berkembang telah menarik berbagai macam pihak, termasuk penjahat dunia maya melalui penipuan phishing yang telak marak dalam beberapa tahun terakhir.

Penipuan phishing adalah jenis penipuan di mana pelakunya (scammer) berusaha untuk mendapatkan informasi pribadi korban seperti nama pengguna (user name) dan kata sandi, melalui media elektronik dan internet dengan menyamar sebagai lembaga yang bereputasi baik. “Scammer tidak hanya menggunakan email dalam menjalankan aksinya, tetapi juga menggunakan SNS dan grup di sosial media, serta aplikasi perpesanan,” ujar Pendiri dan CEO dari bursa kripto CoinEx, Haipo Yang.

Sebagai contoh, Haipo mengatakan bahwa scammer akan menyamar menjadi karyawan dari CoinEx atau dompet kripto ViaWallet untuk meminta data pribadi pengguna. “Mereka juga biasanya akan memberikan tautan yang akan mengarahkan pengguna ke situs tiruan yang mirip seperti aslinya. Itu ditujukan agar pengguna memasukkan user name dan kata sandi mereka di situs tiruan tersebut,” tambah Haipo.

Lanjut dikatakan, meski terlihat mengerikan, ini masih dapat dihindari dengan beberapa kiat sederhana, namun jangan sampai dilupakan. Kiat pertama, pengguna harus mengakses hanya melalui alamat situs resmi atau aplikasi resmi yang telah dirilis oleh perusahaan.

Jangan pernah sekalipun mengakses situs dari tautan yang dibagikan di media sosial atau aplikasi perpesanan. Serta, jangan pernah mengunduh aplikasi dari kode QR yang tidak jelas asal-usulnya. “Misalnya, saat ingin menggunakan via wallet, pastikan pengguna mengaksesnya dari situs resmi di url yang tepat dan mengunduh aplikasi di situs resmi. Jangan dengan cara lainnya,” ujar Haipo Yang.

Berlaku pula untuk SNS, pengguna harus selalu memastikan nama akun dan grup yang digunakan adalah resmi, sama seperti yang telah dibagikan oleh perusahaan yang biasanya tertera di situs resmi. Dan kiat selanjutnya, Haipo menyarankan pentingnya mengatur kode anti-phishing, yaitu fitur keamanan untuk meningkatkan keamanan akun. Di CoinEx, fitur ini sudah ada dan dapat digunakan oleh semua pengguna.

Setelah mengatur kode anti-phishing, semua pesan ke email terdaftar milik pengguna akan menampilkan kode tersebut. Ini akan memudahkan untuk mengidentifikasi apakah pesan yang didapat itu asli dari pihak CoinEx atau scammer.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved