Marketing

Shopee 11.11 Dorong UMKM Manfaatkan Digitalisasi

Shopee 11.11 Dorong UMKM Manfaatkan Digitalisasi
Ilustrasi Shoppe Indonesia (Foto Istimewa).

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November kemarin, merupakan bentuk dukungan terhadap seluruh ekosistem Shopee. Tujuannya agar mereka terus dapat tangguh, berdaya dan bertahan bersama ekosistem digital yang inklusif.

Dia menjelaskan kampanye ini berupaya untuk membawa seluruh pengguna lebih dekat melalui ragam fitur interaktif.”Shopee 11.11 ini menghadirkan lebih banyak peluang dan interaksi bagi seluruh ekosistem. Kemajuan teknologi terus menawarkan berbagai cara baru, mulai dari kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hingga ruang berkreasi guna memperkuat potensi,” ujarnya.

Salah satu, ragam fitur interaktif salah satunya seperti Shopee Live, menawarkan solusi untuk semakin memperkuat strategi dalam memperluas jangkauan melalui interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli. Shopee Live tidak hanya memberikan interaksi secara proaktif dan membangun kepercayaan, sesi live stream yang dihadirkan dapat menjadi ruang bagi pengguna untuk semakin mengetahui lebih dalam sebuah produk.

Fitur ini juga memberikan kemudahan akses dimana memungkinkan untuk menampilkan produk yang sedang digunakan pada sesi live stream untuk dapat dibeli secara langsung, yang kerap dimanfaatkan khususnya untuk semakin meningkatkan daya tarik dan memperluas jangkauan produk. Menurutnya, ada lebih dari 22 juta produk dipromosikan melalui keranjang orange pada sesi live stream di Shopee Live oleh penjual selama kampanye 11.11 Big Sale berlangsung.

Menariknya, pengguna juga mengisi waktu luang dengan menikmati berbagai permainan khususnya pada periode Shopee Games Festival yang berlangsung dari 4 hingga 11 November. Momentum ini dimanfaatkan oleh pengguna untuk mendapatkan kesempatan memenangkan ragam hadiah hingga reward koin Shopee melalui Shopee Games seperti Shopee Tanam, Shopee Tebak Kata, Shopee Lucky Prize dan Shopee Capit. Antusiasme tersebut terlihat dimana Shopee Tanam dimainkan lebih dari 62 juta kali sepanjang periode Shopee Games Festival berjalan.

Selain itu, Monica menyampaikan bahwa kampanye ini dijadikan kesemptan bagi UMKM untuk memanfaatkan digitalisasi dalam memperkuat eksistensi. Sehingga mereka terus berinovasi dalam menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen,” jelasnya. Dia juga memperlihatkan bahwa tren belanja pengguna terhadap produk lokal antara lain produk kecantikan local, pakaian, makanan dan minuman. Adapun jumlah penjual UMKM yang berpartisipasi pada puncak kampanye 11.11 Big Sale meningkat lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved