Corporate Action

Visa Dituntut Atas Dugaan Penyalahgunaan Konversi Mata Uang

Visa Dituntut Atas Dugaan Penyalahgunaan Konversi Mata Uang

Australian Competition and Consumer Commission alias Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) mengajukan tuntutan atas Visa. Perusahaan kartu kredit tersebut diduga menghambat konsumen untuk menggunakan mata uang yang mereka pilih dalam transaksi.

Sidang pertama tuntutan ini dijadwalkan akan berlangsung tanggal 14 Maret 2013. Badan itu mengatakan, Visa menghambat bisnis ritel dengan menggunakan jasa konversi saingan dalam transaksi. Menurut ACCC tindakan tersebut dilakukan Visa demi mendorong kenaikan pendapatannya.

Ketua ACCC, Rod Sims, mengatakan, dengan sistem seperti itu para turis di Australia tidak dapat memutuskan pihak mana yang melakukan konversi mata uang saat menarik uang dari mesin ATM. “Mereka tidak tahu berapa transaksi itu bila dihitung dengan mata uang negara mereka,” ujar Sims.

Praktek yang dilakukan Visa dengan tidak mengizinkan penggunaan konversi mata uang oleh perusahaan saingan menyebabkan pengusaha ritel tidak dapat ikut merasakan keuntungan yang didapat dari transaksi itu.

“Badan konversi Australia juga tidak diberi peluang untuk ikut bersaing dengan Visa terkait jasa konversi di ATM,” tambahnya. (ABC/Lila Intana)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved