No Widgets found in the Sidebar

Era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dimulai 1 Januari kemarin, membuka peluang sekaligus tantangan bagi dunia usaha di Indonesia, khususnya sektor UMKM.
Jika sebelumnya, Telkom telah mencanangkan 3 Juta UKM Goes Digital yang menyentuh pelaku Usaha Mikro, kini Telkom juga menggarap segmen pelaku Usaha Kecil.

“Segmen Usaha Kecil hingga saat ini belum ada yang menggarap secara khusus. Selama ini segmen Usaha Mikro yang paling banyak disentuh. Kini saat yang tepat untuk memberi layanan khusus kepada segmen Usaha Kecil ini,” kata Direktur Enterprise & Business Telkom, Muhammad Awaluddin pada acara Media Launch Peluncuran Layanan Solusi Bisnis Sahabat UKM di Jakarta.

Direktur Enterprise & Business Telkom, Muhammad Awaluddin (tengah) didampingi EGM divisi Business Service Yusron Hariyadi (kiri) dan Dirut Infomedia Bona L. Parapat (kedua kiri) meninjau lanan khusus untuk pelaku UKM yang diluncurkan di Jakarta.
Direktur Enterprise & Business Telkom, Muhammad Awaluddin (tengah) didampingi EGM divisi Business Service Yusron Hariyadi (kiri) dan Dirut Infomedia Bona L. Parapat (kedua kiri) meninjau lanan khusus untuk pelaku UKM yang diluncurkan di Jakarta.

Pada tahun 2015 TELKOM berhasil mengajak 1.007.076 UKM Goes Digital atau UKM yang memanfaatkan berbagai layanan Information & Communication Technology (ICT). Dimana fokus program (lebih 90%) masih berkutat pada segmen Usaha Mikro.

“Hari ini, kami memperkenalkan sebuah layanan yang khusus melayani pelaku Usaha Kecil dengan brand SOBAT-UKM,” katanya.

Untuk mengakses layanan tersebut, perseroan menyediakan Multi Channel ; mulai dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi offline.

Telkom memanfaatkan jasa PT. INFOMEDIA NUSANTARA (Telkom Group) yang saat ini memberi layanan Tele-Account Management (TAM). Selama ini TAM telah berhasil melayani jasa inbound-outbound dan Social Media Digital Center.

Khusus untuk SOBAT UKM, Telkom menyediakan Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja.

SOBAT UKM dilengkapi juga dengan Digital Interactive terkait tips berbisnis, solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Melalui web www.sobat-ukm.com.

“Para pelaku UKM juga dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM,” ujar Awaluddin yang didampingi Executive General Manager Divisi Business Service Yusron Hariyadi dan jajaran direksi Infomedia.

Mengingat jumlah segmen pelaku Usaha Kecil ini termasuk potensial (sekitar 1-2% dari total 57 juta UKM di Indonesia), SOBAT UKM menyasar seluruh kategori industri Usaha Kecil seperti manufaktur,hospitality, retail, trading dan kategori industri lainnya.

“Pada tahun 2016 ini, diharapkan mampu mengenerate trafic 2,25 juta selama 2016 (ini termasuk trafik yang dilalui layanan Tele-Account Manager),” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *