Kunjungi Posko Telkom Cirebon, Menkominfo: Jadilah Tulang Punggung Digital Indonesia - Telecommunication Update

Kunjungi Posko Telkom Cirebon, Menkominfo: Jadilah Tulang Punggung Digital Indonesia

Cirebon, 29 April 2022 – Menyambut penghujung Bulan Ramadan dan jelang Hari Raya Idulfitri 1443 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memastikan kesiapan infrastruktur, layanan, dan tim operasional untuk mengamankan kualitas layanan telekomunikasi agar tetap prima. Telkom khususnya memastikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat di area yang berpotensi dengan peningkatan trafik telekomunikasi yang tinggi, seperti area mudik, bandara, pelabuhan, rumah ibadah, rumah sakit fasilitas telekomunikasi kesehatan dan Covid-19, serta perumahan atau residence. Guna mengecek kesiapan infrastruktur dan layanan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong melakukan kunjungan sekaligus peninjauan ke Kantor Wilayah Telkom Cirebon, Jumat (29/04). Ini merupakan bagian dari kegiatan kunjungan Menkominfo ke Cirebon dan Sukabumi dalam rangka pengecekan Arus Mudik Lebaran Tahun 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kiri) didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) melakukan kunjungan sekaligus peninjauan ke Kantor Wilayah Telkom Cirebon guna mengecek kesiapan infrastruktur, layanan, dan tim operasional untuk mengamankan kualitas layanan telekomunikasi agar tetap prima jelang lebaran, Jumat (29/04).

Dalam kunjungannya, Menkominfo mendengarkan paparan terkait kesiapan layanan TelkomGroup jelang lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi, Telkom telah melakukan penambahan kapasitas sebanyak 728 site Telkomsel di sepanjang jalur mudik, peningkatan bandwidth untuk Ramadan dan Idulfitri, serta pengamanan di 1.177 Point of Interest (POI) atau area yang menjadi pusat peningkatan trafik seperti alun-alun, jalur mudik, area layanan masyarakat (public services), tempat wisata, jalan tol dan lainnya.

Untuk area di sepanjang jalur Pantura, terdapat 12 titik penting yang menjadi fokus pengamanan TelkomGroup, antara lain gerbang tol Palimanan dan 11 rest area yang berada di jalur tersebut. Telkom secara kontinyu melakukan pengawasan infrastruktur kabel backbone termasuk material suku cadang dan tim operasional. Telkom pun memastikan digitalisasi pada seluruh SPBU Pertamina yang berada di titik jalur mudik untuk mendapatkan kualitas layanan terbaik sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih mudah dan nyaman selama masa mudik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi kesiapan infrastruktur dan layanan TelkomGroup dalam menghadapi Ramadan – Idulfitri tahun ini. “Mudik kali ini adalah momen pertama setelah dua tahun hibernasi sehingga harus ditandai dengan penuh kegembiraan. Ini adalah momen of truth di mana masyarakat mengharapkan layanan yang prima dari kita.  Apresiasi terbesar untuk Telkom yang mampu mengantisipasi lebaran dengan baik melalui ketersediaan infrastruktur, layanan, dan personil. Dukungan Telkom ini membuktikan bahwa kita adalah tulang punggung digital Indonesia. Marilah kita sama-sama saling berkoordinasi agar perjalanan mudik dan balik berjalan dengan baik.”

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kedua dari kanan) bersama Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail (kedua dari kiri) dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong (paling kiri) menyimak paparan dari Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kanan) terkait kesiapan layanan TelkomGroup dan antisipasi lonjakan trafik telekomunikasi jelang lebaran, Jumat (29/04).

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, “Lebaran tahun ini merupakan momen yang sangat spesial bagi masyarakat Indonesia. Untuk pertama kalinya masyarakat bisa melakukan tradisi mudik setelah dua tahun pandemi. Untuk itu, kami berkomitmen untuk memastikan berbagai layanan TelkomGroup tetap prima menemani para pemudik dan masyarakat di saat lebaran. Telkom juga telah menyiagakan 88 Posko TelkomGroup Siaga RAFI yang beroperasi secara nasional hingga regional dan daerah dengan total personil lebih dari 19 ribu orang yang standby 24×7 untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan berbagai layanan digital. Telkom pun turut serta di Posko Terpadu bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik masyarakat. “

Ririek menambahkan, pengamanan dilakukan dengan koordinasi secara terintegrasi mulai dari site langsung hingga pengawalan terpusat. Baik infrastruktur maupun layanan ditinjau melalui sistem monitoring yang menggunakan teknologi Robotic Procesing Automation, Artificial Intelligence, serta Machine Learning.

“Selamat mudik bagi seluruh masyarakat. Semoga mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Kami akan terus mengutaman kenyamanan dan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan TelkomGroup di saat lebaran,” tutup Ririek.