Telkom Dukung Pengembangan ICT Universitas Sebelas Maret (UNS) - Telecommunication Update

Telkom Dukung Pengembangan ICT Universitas Sebelas Maret (UNS)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menguatkan komitmennya mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia. Kali ini, diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pemanfaatan Potensi Bersama dalam Bidang ICT serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Koneksi Universitas Sebelas Maret (UNS)   dan Rumah Sakit Pendidikan UNS.

Direktur Enterprise & Business Services Telkom, Muhammad Awaluddin (ketiga kiri) berjabat tangan dengan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universita Sebelas Maret Dr. Widodo Muktiyo (ketiga kanan) didampingi (kiri-kanan) Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNS Dr. Wiranto, M.Cs,  General Manager Witel Telkom Solo Arif Nurjayanto , Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dan EVP Telkom Regional IV Rosyidul Umam Aly usai penandatangan kerjasama Telkom dan UNS di Gedung Rektorat Universitas Sebelas Maret Solo, Jum’at (17/6).

Direktur Enterprise & Business Services Telkom, Muhammad Awaluddin (ketiga kiri) berjabat tangan dengan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universita Sebelas Maret Dr. Widodo Muktiyo (ketiga kanan) didampingi (kiri-kanan) Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNS Dr. Wiranto, M.Cs, General Manager Witel Telkom Solo Arif Nurjayanto , Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dan EVP Telkom Regional IV Rosyidul Umam Aly usai penandatangan kerjasama Telkom dan UNS di Gedung Rektorat Universitas Sebelas Maret Solo, Jum’at (17/6).

Penandatanganan PKS dilakukan oleh General Manager Witel Telkom Solo Arif Nurjayanto dan Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNS Dr. Wiranto, M.Cs sedangkan penandatanganan MoU dilakukan oleh Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS Dr. Widodo Muktiyo serta disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Services Telkom, Muhammad Awaluddin di Gedung Rektorat UNS Solo, Jum’at (17/6).

Dalam sambutannya, Muhammad Awaluddin mengucapkan terima kasih kepada jajaran Rektorat UNS atas kepercayaan yang diberikan untuk mendukung Universitas Sebelas Maret melalui pengembangan ICT (Information and Communication Technology) sebagai pendukung proses pendidikan dan pengajaran.

Ruang lingkup layanan meliputi peningkatan penyediaan bandwidth IP Transit sebesar 3 Gbps yang mampu melayani kebutuhan operasional kampus UNS serta kebutuhan bandwidth 36.000 mahasiswanya. Selain itu, lingkup MoU juga mencakup layanan di Rumah Sakit Pendidikan UNS yang akan diresmikan pada tanggal 10 Agustus 2016, meliputi penyediaan jaringan Infrastruktur (IP PBX, AP, FO), e-lab, Aplikasi Environment Management Service, dan Data Center

Value added yang diperoleh UNS dari penggunaan bandwidth Telkom adalah akses ke Indonesia Research Education Network (IdREN). “Pengembangan platform jaringan privat antar institusi pendidikan di Indonesia yaitu IdREN mendukung kecepatan yang sangat tinggi dan menyediakan saluran khusus untuk research sharing antar perguruan tinggi dengan inisiatif 3S (Single Network, Sharing Collaboration Content & Research, Sustainable Platform),” jelas Awaluddin.

Awaluddin berharap kerjasama ini akan mendukung terwujudnya visi UNS untuk menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional  dengan pengelolaan ICT Kampus yang handal. Mengakhiri acara tersebut, Awaluddin   mengadakan bedah buku yang berjudul  “  Digital Enterpreneurshift  “ sekaligus memberikan sumbangan buku yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Perpustakaan UNS.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin bersama Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo juga menghadiri Launching Kampung Digital Batik Laweyan di Surakarta. Diharapkan dengan digitalisasi Kampung UKM yang didukung layanan Telkom ini dapat mengurangi kesenjangan digital antara pedesaan dan perkotaan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *