Telkom Hadirkan Infrastruktur ICT dan Konektivitas Kelas Dunia di Mandalika - Telecommunication Update

Telkom Hadirkan Infrastruktur ICT dan Konektivitas Kelas Dunia di Mandalika

Mataram, 5 November 2021 – Sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjadikan Mandalika sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas seperti yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan telekomunikasi digital pelat merah turut serta mendukung program pemerintah tersebut melalui penyediaan konektivitas, platform, dan layanan digital. Telkom hadir sebagai digital telco partner yang siap mendukung digitalisasi di kawasan Mandalika, terutama di Mandalika International Street Circuit yang merupakan tempat diselenggarakannya rangkaian event internasional bergengsi seperti World Superbike dan MotoGP.

Penandatanganan artefak komitmen kesiapan hasil pembangunan Infrastruktur ICT Mandalika oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kedua dari kiri) disaksikan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah (kedua dari kanan), Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation Ema Widiastuti (paling kanan), Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Mohammad Salsabil (paling kiri) dalam kegiatan Rehersal Test ICT Infrastructure for Mandalika di Graha Merah Putih Telkom Kota Mataram, Rabu (3/11).

Untuk memastikan kesiapan infrastruktur jaringan Information & Communication Technology (ICT) milik TelkomGroup di kawasan Mandalika International Street Circuit, telah dilakukan aktivitas uji jaringan (rehearsal test) yang disaksikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng dan Wawan Iriawan, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation Ema Widyastuti, Direktur ITDC Nusantara Utilitas Hari Wibisono, Head of Hospitality Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Rully Habibie serta direksi dan senior leaders TelkomGroup, di Kantor Telkom Mataram, Rabu (3/11). Adapun uji jaringan dilakukan pada tersebut dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan baik yang berupa kabel bawah laut maupun radio IP.

Dalam sambutannya, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengungkapkan apresiasi dan optimisme atas dukungan Telkom menghadirkan infrastruktur serta layanan ICT di Mandalika sebagai tuan rumah World Superbike pada November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022. “Atas nama pemerintah Nusa Tenggara Barat, kami mengucapkan terima kasih kepada Telkom yang telah memastikan bahwa apa yang diinginkan masyarakat bisa dinikmati dan disaksikan dengan cara yang luar biasa.”

Mewakili Dewan Komisaris Telkom, Rizal Mallarangeng mengatakan Telkom secara sungguh-sungguh telah mendukung dan menyiapkan infrastruktur backbone di Mandalika sehingga semakin maju dan dikenal di kancah internasional melalui eventevent besar, seperti yang sebelumnya dilakukan pada penyelenggaraan PON XX Papua. “Terima kasih atas kontribusi Telkom. Semoga NTB dapat menjadi digital province terdepan.” ujar Rizal.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, “Saat ini Telkom tengah mempersiapkan seluruh fasilitas ICT beserta layanannya untuk salah satu destinasi super prioritas, yakni Mandalika, bekerja sama dengan ITDC Group. Terima kasih kepada ITDC Group, Pemprov NTB dan Pemerintah yang terus memberikan kepercayaan kepada Telkom untuk mempersiapkan dan mengawal infrastruktur ICT pada pelaksanaan berbagai event besar negara.”

Herlan menambahkan, Telkom memastikan infrastruktur dan layanan di Mandalika dalam kondisi prima dengan konfigurasi alternatif backup yang baik. Uji jaringan ini pun dilakukan untuk memastikan bahwa infrastruktur seperti jalur backbone baik main route maupun alternative route bekerja dengan baik, jalur transport regional serta yang lainnya. “Semoga penyediaan fasilitas ICT dan digitalisasi ini menjadi wujud kontribusi TelkomGroup untuk memajukan Indonesia, khususnya NTB menjadi lebih baik lagi,” ungkap Herlan.

Selanjutnya Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation Ema Widyastuti mengatakan bahwa kawasan Mandalika adalah kawasan kedua yang ditugaskan pemerintah kepada ITDC untuk dikembangkan, dengan luas mencapai 3,5 kali lipat dari luas kawasan Nusa Dua yang telah dikembangkan sebelumnya. Meski demikian, pengembangan kawasan ini dirasakan jauh lebih cepat secara eksponensial dikarenakan dukungan mitra yang sangat andal untuk secara bersama-sama memajukan Mandalika, salah satunya Telkom. “TelkomGroup dalam hal ini tidak hanya mendukung dalam penyelenggaraan event Mandalika tapi juga dalam penyediaan infrastruktur ICT untuk akomodasi dan fasilitas penunjang di area kawasan. Memang sirkuit ini adalah satu hal tetapi pengembangan tidak hanya pada sirkuit saja, akan ada pengembangan akomodasi dan fasilitas. Kami berharap, Telkom dan ITDC dapat menjadi mitra yang sangat baik tidak hanya untuk memajukan Mandalika tapi juga destinasi super prioritas berikutnya, yang akan membawa harum nama bangsa dan negara Indonesia,” ujar Ema.

Ada dua peran utama TelkomGroup dalam mendukung digitalisasi di Kawasan Mandalika, yaitu sebagai penyedia infrastruktur ICT dan sebagai pendukung UMKM serta ekosistem di sekitar kawasan. Untuk infrastruktur ICT, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya hingga penambahan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps. Dukungan ini disediakan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Sementara itu, terkait dengan dukungan bagi UMKM, TelkomGroup menyediakan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps. Dukungan tersebut diselenggarakan melalui berbagai platform dan booking apps. Adapun beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya seperti Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Demi memastikan pengamanan infrastruktur dan layanan ICT selama pelaksanaan event di kawasan Mandalika, TelkomGroup juga telah membentuk posko pengawalan di lokasi dengan jalur eskalasi bertingkat mulai dari lokal, regional, hingga nasional.

“Dengan kolaborasi dan semangat untuk bersinergi, semoga kita bersama-sama dapat menyukseskan perhelatan event besar dunia di Mandalika dan memberikan citra baik bagi Indonesia di mata internasional serta mendukung perkembangan ekonomi di Kawasan Mandalika,” tutup Herlan.