Telkom Kick Off Implementasi Enterprise Resources Planning di PT Garam - Telecommunication Update

Telkom Kick Off Implementasi Enterprise Resources Planning di PT Garam

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Kontrak Penyediaan Enterprise Resources Planning (ERP) dan Information and Communications Technology (ICT) Solution pada agenda FGD BUMN di Parapat beberapa waktu lalu (28/5), Executive General Manager Divisi Enteprise Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Siti Choiriana dan Direktur Keuangan PT Garam Beny Suharsono melakukan Kick Off Implementasi ERP didampingi Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra Suparwiyanto bertempat di Kantor Pusat PT Garam, Surabaya, Jumat (3/6).

Executive General Manager Divisi Enteprise Service Telkom Siti Choiriana (tengah) berjabat tangan dengan Direktur Keuangan PT Garam Beny Suharsono (kanan) usai melakukan Kick Off Implementasi ERP didampingi Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra Suparwiyanto di Surabaya, Jumat (3/6).

Executive General Manager Divisi Enteprise Service Telkom Siti Choiriana (tengah) berjabat tangan dengan Direktur Keuangan PT Garam Beny Suharsono (kanan) usai melakukan Kick Off Implementasi ERP didampingi Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra Suparwiyanto di Surabaya, Jumat (3/6).

Solusi layanan ERP adalah IT tools dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan sistem ERP sebuah industri dapat dijalankan secara optimal dan dapat mengurangi biaya operasional yang tidak efisien, seperti biaya inventory (slow moving part, dan lain-lain), biaya kerugian akibat ‘machine fault’ dan lain-lain bahkan untuk mendukung penerapan konsep JIT (Just In Time) dimana produksi benar-benar disediakan hanya pada saat diperlukan (fast moving).

Modul yang di-deliver dalam proyek ini tergolong lengkap, yaitu modul Finance, Produksi, HR, Sales & Marketing, serta Dashboard & Reporting.

Dalam sambutannya, Siti Choiriana mengatakan, “Best practice ERP ‘proven implemented’ di beberapa perusahaan terkenal di Indonesia dan sebagai sebuah aplikasi ERP tepat digunakan untuk PT Garam karena dapat mengurangi proses administratif, mendukung cost reduction dan peningkatan produktivitas.”

Tantangan yang kemungkinan akan dihadapi adalah perubahan proses kerja sesuai sistem ERP. Oleh karenanya diperlukan kerjasama yang baik dari pihak Garam dan dibutuhkan fase Blue Print dimana kedua belah pihak bekerjasama untuk menyepakati business proses yang akan diimplementasikan. Komitmen kami adalah untuk mengawal sisi delivery layanan sehingga proyek ini dapat terimplementasi sesuai dengan time plan,tambah Siti Choiriana.

Pada kesempatan yang berbeda, Direktur Enteprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menyampaikan harapannya, dengan suksesnya implementasi ERP ini maka PT Garam akan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas garam bahan baku dan garam olahan untuk mewujudkan kedaulatan garam nasional sehingga dapat lebih memberikan sumbangsih kepada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *