Telkom MangoSTAR: Solusi Akses Internet UKM Berbasis Satelit Pertama untuk UKM Indonesia - Telecommunication Update

Telkom MangoSTAR: Solusi Akses Internet UKM Berbasis Satelit Pertama untuk UKM Indonesia

Jakarta, 4 April 2016 – Keseriusan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dalam melayani segmen UKM, semakin tak terbantahkan. Melalui Divisi Business Service (DBS), kini BUMN ini kembali meluncurkan layanan terbarunya ‘MangoSTAR. Sebuah layanan yang akan memudahkan para UKM dimana pun untuk dapat menikmati akses internet. Dengan hadirnya MangoSTAR, Telkom semakin optimis mampu memangkas kesenjangan digital di tanah air, serta mendukung pencapaian 3 Juta UKM Goes Digital hingga akhir tahun 2016.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin (tengah) bersama Direktur MetraSat Teguh wahyono (kanan) dan Executive General Manager Divisi Business Service Telkom Yusron Hariyadi saat peluncuran MangoSTAR di Jakarta, Senin (4/4)

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin (tengah) bersama Direktur MetraSat Teguh wahyono (kanan) dan Executive General Manager Divisi Business Service Telkom Yusron Hariyadi saat peluncuran MangoSTAR di Jakarta, Senin (4/4)

“MangoSTAR merupakan solusi akses Internet berbasis Teknologi Satelit atau yang dikenal dengan nama Very Small Aperture Terminal (VSAT). Kami kemas lebih menarik dan sangat cocok untuk UKM di daerah yang kesulitan dalam penarikan akses jaringan fisik (tembaga atau Fiber Optic),” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin dalam acara Peluncuran Layanan MangoSTAR di Jakarta (4/4).

“MangoStar ini salah satu wujud dari janji Telkom untuk menghadirkan akses telekomunikasi ke seluruh Indonesia tanpa memandang lokasi. Bahkan, MangoStar merupakan satu-satunya layanan broadband via satelit di Indonesia dengan kecepatan Download up to 2 Mbps dan Upload 0.5 Mbps,” tambah Awaluddin.

Secara teknologi, penyediaan akses internet dapat melalui Copper ADSL atau serat optic (Fiber To The Home/FTTH), radio akses, dan VSAT. Jaringan Copper (FTTH) dan radio akses menjadi andalan bagi operator di perkotaan. Tetapi untuk di remote area, VSAT menjadi andalan karena susahnya membangun jaringan. Berkat VSAT yang dikelola MetraSat (anak Perusahaan TELKOM), koneksi bisa langsung ke satelit.

Untuk MangoSTAR ini, tersedia berbagai paket dengan biaya bulanan terjangkau serta delivery dan layanan terjamin. Telkom juga menyediakan berbagai kemudahan top-up melalui www.blanja.com untuk penambahan kuota akses internet.

Benefit tambahan selain akses internet tadi, pelanggan langsung dapat menikmati layanan televisi free to air tanpa mengurangi kuota bandwidth. Dan yang terpenting adalah UKM dapat langsung menikmati free membership www.smartbisnis.co.id , free membership www.jarvis-store.com serta diskon 25% abonemen bagi yang melakukan upgrade serta free membership untuk user seller www.blanja.com.

“MangoSTAR benar-benar layanan yang sangat inovatif. Layanan VSAT yang biasanya dipasarkan secara wholesale, kini dipasarkan khusus secara retail untuk UKM Indonesia,” terang Awaluddin.

Secara konsep, Awaluddin juga menjelaskan bahwa langkah peluncuran MangoSTAR adalah bagian dari strategi 3C. Yaitu, Connectivity guna memenuhi ketersediaan akses internet kepada UKM; Content yang mana UKM dapat langsung memanfaatkan berbagai konten di www.smartbisnis.co.id serta Commerce dimana UKM dapat langsung memasarkan produknya melalui www.blanja.com .

Hingga akhir tahun, Telkom menargetkan mampu melayani 5.000 pelanggan. Dalam tempo 2 minggu sebelum peluncuran, Telkom mulai menerima banyak permintaan dari berbaga lokasi, seperti Jambi, Mentawai, dan Kalimantan.

“Kondisi geografi Indonesia menjadikan Telkom harus menguasai semua teknologi untuk akses telekomunikasi. Hadirnya Layanan MangoSTAR bagi UKM ini diharapkan akan mendukung pencapaian 3 Juta UKM Goes Digital hingga akhir tahun 2016 sekaligus wujud Bakti Telkom untuk negeri ,” pungkas Awaluddin. (*)