Telkom Pastikan Infrastruktur dan Layanan Prima pada Event World Superbike Mandalika - Telecommunication Update

Telkom Pastikan Infrastruktur dan Layanan Prima pada Event World Superbike Mandalika

Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin (kiri) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko melakukan peninjauan infrastruktur milik Telkom di posko National Operation Center area perlombaan WSBK Mandalika pada Jumat (19/11).

Mandalika, 20 November 2021 – Perhelatan motor internasional, World Superbike (WSBK) sudah di depan mata. Acara diselenggarakan sejak kemarin (19/11) hingga Minggu (21/11) di Mandalika International Street Circuit yang nantinya juga merupakan tempat diselenggarakannya event bergengsi dunia, MotoGP. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengambil peran untuk memastikan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di arena pertandingan dan fasilitas pendukung di Mandalika. Demi memastikan kualitas layanan tetap prima selama berlangsungnya WSBK, Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko melakukan peninjauan ke beberapa lokasi infrastruktur milik Telkom pada 18-19 November 2021. Adapun lokasi yang dikunjungi di antaranya Sentral Telepon Otomat (STO) Mataram, Posko Mataram, STO Gerung serta ruang infrastruktur pendukung dan posko di STO Praya. Selain itu, peninjauan juga dilakukan di posko National Operation Center Mandalika, yang menjadi area perlombaan WSBK.

Saat bertemu dengan karyawan yang bertugas di posko maupun STO Telkom, Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin menyampaikan bahwa Telkom mampu dan harus menyukseskan penyelengaraan event internasional ini, sebagaimana sukses Telkom dalam berbagai event skala nasional maupun internasional sebelumnya. “Nama baik Indonesia yang dipertaruhkan termasuk Telkom sebagai ICT partner dalam helatan akbar ini. Telkom harus memastikan bahwa dukungan ICT dari Telkom akan menyukseskan event WSBK. Tetap semangat untuk seluruh karyawan yang bertugas dan berikan kontribusi terbaik kita bagi Indonesia,” pesan Abdi.

Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko mengatakan, saat kesiapan infrastruktur, layanan dan posko TelkomGroup untuk event WSBK telah mencapai 100%. “Ada lima hal menjadi perhatian Telkom dalam menyukseskan event WSBK ini. Pertama, disiplin operasi dari seluruh personel yang bertugas, baik dari segi waktu jadwal dan pelaporan. Kedua, responsif terhadap segala anomali dan dinamika yang terjadi selama berlangsungnya acara agar dapat diantisipasi serta dimitigasi lebih awal. Ketiga, kolaborasi yang intensif dengan semua unit dan pihak yang mendukung layanan telekomunikasi di Mandalika. Selanjutnya briefing rutin sebagai langkah untuk monitoring dan menyamakan langkah koordinasi. Terakhir, patroli yang dilakukan di sepanjang jalur backbone dan akses demi menjaga infrastruktur telekomunikasi. Mari bersama kita sukseskan event WSBK ini dan harumkan nama Indonesia di mata dunia,” ujar Herlan.

Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin (kiri) bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kedua dari kiri) melakukan peninjauan infrastruktur milik Telkom di area Mandalika International Street Circuit demi memastikan kualitas layanan tetap prima selama berlangsungnya WSBK pada Jumat (19/11).

Untuk penyelenggaraan WSBK, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya hingga penambahan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps. Dukungan ini disediakan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP). Khusus di Mandalika International Street Circuit, layanan telekomunikasi yang disediakan di berbagai area seperti paddock, pit building, medical center, race control, TV compund, dan tribun.

Demi memastikan pengamanan infrastruktur dan layanan ICT selama pelaksanaan event di kawasan Mandalika, TelkomGroup juga telah membentuk posko pengawalan di lokasi dengan jalur eskalasi bertingkat mulai dari lokal, regional, hingga nasional.

Tak hanya penyediaan ICT, TelkomGroup juga turut serta mendukung digitalisasi bagi UMKM serta ekosistem yang berada di sekitar kawasan melalui penyediaan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps. Dukungan tersebut diselenggarakan melalui berbagai platform dan booking apps. Adapun beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya seperti Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Partisipasi Telkom turut menyukseskan penyelenggaraan event WSBK ini merupakan wujud dukungan untuk menumbuhkan perekonomian nasional khususnya di kawasan destinasi pariwisata super prioritas. Diharapkan perhelatan event besar dunia di Mandalika akan memberikan citra baik bagi Indonesia di mata internasional dan ekonomi masyarakat di Kawasan Mandalika tumbuh semakin baik.