TelkomGroup Sukses Hadirkan Infrastruktur & Layanan ICT Berkualitas di Seluruh Lokasi Asian Games - Telecommunication Update

TelkomGroup Sukses Hadirkan Infrastruktur & Layanan ICT Berkualitas di Seluruh Lokasi Asian Games

Foto 2: Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (duduk kedua dari kanan) beserta jajaran manajemen TelkomGroup saat memantau langsung kesiapan infrastruktur dan layanan TelkomGroup jelang pembukaan Asian Games XVII 2018 di Main Press Center (MPC) Jakarta Convention Center (JCC). Telkom sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Jakarta, 4 September 2018 – Perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang telah usai. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner turut bangga dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan menghadirkan infrastruktur dan layanan ICT.

“Kami bersyukur dapat mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 melalui penyediaan infrastruktur dan layanan ICT yang digunakan oleh semua pihak yang terlibat. Sebagai flag carrier, TelkomGroup memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama Indonesia di mata dunia internasional. Oleh sebab itu, suatu kebanggaan bagi kami telah mampu memberikan kualitas layanan terbaik di perhelatan akbar tersebut,” ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan di Jakarta, Selasa (4/9).

Menurut Dian, selama Asian Games berlangsung jaringan Telkom Group tetap aman dan sukses mendukung penyelenggaraan Asian Games, melalui penyediaan konektivitas termasuk kelancaran berkomunikasi dan penyediaan layanan data. “Bagi kami kenyamanan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial seperti Asian Games amat penting. Sejak awal tim kami telah melakukan persiapan yang matang, agar kualitas terbaik dalam berkomunikasi tetap terjaga dan dapat dinikmati semua pihak yang berkepentingan,” kata Dian.

Sebelumnya untuk menyukseskan Asian Games 2018 Telkom telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan pada 94 venue pertandingan di Jakarta dan Palembang, termasuk di lokasi keramaian utama tempat publik berkumpul atau PoI (Point of Interest), yakni di kompleks Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dikatakan Dian, saat berlangsungnya Asian Games, Telkom sukses menyiarkan tidak kurang 766 live event yang didukung oleh 10 Satelite News Gathering di area broadcast center baik di Jakarta maupun Palembang, menyediakan broadcast media access gateway melalui jaringan fiber optic untuk kebutuhan televisi lokal dan internasional. Selain itu, selama penyelenggaraan Asian Games tercatat trafik data & internet meningkat hingga 10Gbps dari trafik normal. Sementara total pemakaian wifi Asian Games 2018 mencapai 92,56TB.

Kehandalan layanan ICT TelkomGroup, dirasakan oleh Jurnalis China Morning Post Ryding Paul James. Menurutnya aktivitas pengiriman menjadi sangat terbantu dengan fasilitas dan layanan ICT TelkomGroup di Main Press Center. “Kami ucapkan terima kasih kepada Telkom Indonesia yang telah menyediakan fasilitas dan layanan ICT handal dengan sinyal yang bagus serta para petugas Telkom yang ramah dan sangat membantu,” ungkapnya disela kesibukan mengirim berita di Main Press Center.

Sementara itu, atlet Filipina peraih medali emas di cabang olahraga Skateboard Margielyn Didal mengungkapkan, koneksi dan fasilitas ICT di Wisma Atlet Kemayoran membantunya berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di Filipina. “Saya memanfaatkan koneksi WiFi yang tersedia di Wisma Atlet untuk berkomunikasi selama Asian Games berlangsung. WiFi nya stabil, sehingga semua atlet jadi mudah menghubungi keluarga di negara masing-masing. Terima kasih, Telkom Indonesia,” ujar Didal saat ditemui di Wisma Atlet Kemayoran.

Foto 1: Aktivitas para jurnalis di Main Press Center (MPC) saat penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 Jakarta-Palembang. Telkom sebagai Official Prestige Telco Partner dan Telkomsel sebagai Official Prestige Mobile Partner, menyediakan fasilitas telekomukasi dan layanan video, internet, dan phone (VIP) di semua lokasi penyelenggaraan Asian Games di antaranya Media Center, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue pertandingan (MASIV).

Untuk mengakomodasi kebutuhan data dan internet selama Asian Games 2018 berlangsung, TelkomGroup menyediakan 1.070 Access Point (AP) Wifi dengan total bandwidth internet lebih dari 200 Gbps, dimana 396 AP dialokasikan di GBK tempat pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 serta sejumlah pertandingan.

Keterlibatan TelkomGroup pada event-event berskala internasional seperti Asian Games bukanlah yang pertama. Sebelumnya TelkomGroup juga telah dipercaya untuk menyediakan layanan layanan ICT di beberapa even internasional seperti KTT APEC dan Peringatan 50 Tahun Konferensi Asia Afrika. Namun, penyediaan fasilitas dan layanan ICT untuk Asian Games 2018 ini merupakan yang terbesar dengan tingkat kompleksitas yang paling tinggi dibandingkan beberapa perhelatan internasional sebelumnya.

Keberhasilan melayani kebutuhan ICT Asian Games diharapkan menjadi kesempatan bagi TelkomGroup untuk terus mengukir portofolio experience khususnya penanganan event berskala internasional. Perhelatan besar Asian Games 2018 diharapkan menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas layanan, sehingga di masa mendatang TelkomGroup dapat terus berkontribusi memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Read previous post:
Hadapi Perubahan Tren Industri Telkom Optimis Tingkatkan Kinerja di Semester II 2018

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) optimis mampu meningkatkan kinerja pada semester II 2018. Penyelesaian pembangunan Infrastruktur sistem kabel laut...

Close