Telkomsigma Raih Penghargaan International Asia Pacific Stevie® Awards 2020 - Telecommunication Update

Telkomsigma Raih Penghargaan International Asia Pacific Stevie® Awards 2020

JAKARTA, INDONESIA – Layanan Integrated Talent Management System dari PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), INGENIUM, mendapat apresiasi di ajang penghargaan internasional ASIA-PACIFIC STEVIE AWARDS 2020 dengan meraih Bronze 2020 Stevie® Winner dalam kategori Award for the Innovative Use of Technology in Human Resources (22/9/2020).

CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi menjelaskan INGENIUM saat ini memiliki peran dan fungsi sebagai tools yang sangat relevan dengan kebutuhan tata kelola SDM di tengah tatanan adaptasi kebiasaan baru yang tengah berkembang sebagai dampak dari pandemic COVID-19. “Aplikasi INGENIUM dinilai mampu menjawab kebutuhan terhadap pengaturan kerja yang fleksibel, kerja jarak jauh / remote, fleksibilitas jam kerja, kebutuhan akan keseimbangan kerja, serta kolaborasi, transparansi dan umpan balik terhadap pengembangan SDM menjadi fokus yang diterapkan oleh perusahaan”, ujar Mirmo. 

INGENIUM sebagai Integrated Talent Management System (ITMS) menjadi solusi praktis yang didesain bagi industri di Indonesia untuk membangun kapabilitas dan kompetensi SDM yang dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebijakan perusahaan. Aplikasi talent management berbasis cloud hasil rancangan Telkomsigma tersebut telah digunakan oleh lebih dari 30 pelanggan dari industri multi-segmen termasuk didalamnya BUMN.

Tingginya kebutuhan akan sistem pengelolaan karir pegawai yang transparan dan sistem yang memungkinkan karyawan untuk mengelola, merencanakan pengembangan dirinya secara praktis juga menjadikan INGENIUM sebagai pilihan tepat untuk menjalankan fungsi HR dalam perusahaan.

Mirmo menambahkan, “INGENIUM akan mendorong keaktifan karyawan dalam menentukan karirnya di perusahaan karena dalam setiap proses tahapan akan ada beberepa penilaian yang diukur sehingga (INGENIUM) membuat pegawai lebih aktif melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap dirinya”.

Selain mampu melakukan fungsi pengelolaan kompetensi dan pengembangan karir yang terintegrasi, INGENIUM juga menawarkan kemampuan visualisasi dan analisis data untuk para petinggi perusahaan, serta memastikan bahwa data dapat dikompulir secara baik sehingga mengurangi potensi fraud dan perbedaan data.

INGENIUM sendiri terbagi menjadi 3 sub-aplikasi yaitu ITMS, Diarium dan Cognitium. Diarium merupakan aplikasi yang mengatur proses harian karyawan seperti planning, control, dan monitoring aktivitas kerja sehari-hari. Melalui Diarium, karyawan dapat memperoleh update informasi kepegawaian hingga melakukan reservasi terhadap fasilitas perusahaan. Aplikasi Diarium dapat diakses secara web-based atau mobile Apps (PlayStore & AppStore).

Sedangkan Cognitium didesain sebagai aplikasi learning management system (LMS) yang terintegrasi dengan sistem HR lainnya, dimana sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online tanpa batas ruang dan waktu. Cognitium berfokus pada pembelajaran kolaboratif, baik pembelajaran yang ditujukan untuk personal, informal maupun formal.

Dalam gelaran Asia-Pacific Stevie Awards ke-7 yang digelar secara virtual, lebih dari 1000 nominasi dari berbagai organisasi di seluruh kawasan Asia-Pasifik berkompetisi ke dalam berbagai kategori seperti Penghargaan untuk Keunggulan dalam Inovasi dalam Produk & Layanan dan juga Manajemen Inovatif. Asia-Pacific Stevie Awards adalah program penghargaan bisnis yang memberi penghargaan atas inovasi bagi perusahaan di 29 negara dalam kawasan Asia-Pasifik. Stevie Awards secara konsisten memberikan penghargaan atas inovasi dan pencapaian yang terbagi dalam berbagai program seperti The International Business Awards®.