Anak Usaha ASSA Lelang Mobil 21 Ribu Unit

Lelang mobil di JBA, anak usaha ASSA. (Foto : ASSA)

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) menangkap peluang dari peningkatan mobilitas pasca pandemi untuk lini bisnis rental dan lelang kendaraan otomotif. Bisnis lelang otomotif ASSA melalui anak usaha PT JBA Indonesia (JBA), pada semester I-2021 itu melelang mobil sebanyak 21.000 unit atau mencatatkan pertumbuhan sebesar 13% dibandingkan periode yang sama setahun sebelumnya.

Sejak 2019, JBA telah mengembangkan sistem lelang online untuk menarik lebih banyak peserta yang turut serta dalam pelelangan. Bahkan sejak 2020 sistem lelang online juga dikembangkan menjadi aplikasi digital yang bisa diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store sehingga meningkatkan peserta lelang di masa pandemi. Selain itu, selama pandemi ASSA Rent juga terus meningkatkan layanan ke segmen-segmen seperti sektor pemerintahan dan logistik.

Emiten yang mengelola bisnis mobilitas (rental kendaraan, jasa pengemudi, car sharing), bisnis jual-beli kendaraan (lelang-JBA dan online marketplace kendaraan Caroline), serta logistik dan kurir Anteraja ini memperluas jaringan di tiga kota yaitu Bandung, Kalimantan dan Sulawesi untuk menggenjot kinerja lini bisnis lelang otomotif di tahun ini. Langkah ini sebagai bagian dari upaya JBA dalam menjangkau lebih banyak customer terutama dari kota Indonesia bagian Timur.

Jany Candra, Direktur ASSA, mengungkapkan pendemi Covid-19 dan pemberlakukan pembatasan sosial oleh Pemerintah turut mendorong peningkatan jumlah kendaraan yang ditransaksikan melalui balai lelang. “Diharapkan tren ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun mengingat selama pandemi minat masyarakat dalam membeli kendaraan pribadi lebih tinggi untuk menghindari penularan virus Covid-19 melalui transportasi umum, ujar Jany di Jakarta, Selasa kemarin.

Asal tahu saja, IFC per 27 Juli 2021 juga telah menjadi pemegang saham ASSA setelah proses penerbitan obligasi konversi dirampungkan. Selain itu, potensi peningkatan bisnis ASSA dari bisnis rental dan lelang akan melengkapi kenaikan pilar bisnis logistik ASSA lainnya dari bisnis kurir Anteraja yang menjadi pendorong utama bisnis ASSA di 2021 ini. Prodjo Sunarjanto, Presiden Direktur ASSA, meyakini pendapatan dan laba bersih ASSA di akhir 2021 diproyeksikan bisa meningkat di atas 30% dibanding akhir tahun sebelumnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)