Aplikasi Motor Mulai dari Valuasi Aset Hingga Kredit Tunai

 

Otomoto, platform aplikasi digital untuk dunia otomotif hadir kini telah di Indonesia. Aplikasi berbasis smartphone ini mengajak bikers menjadikan sepeda motor mereka tidak hanya sebagai kendaraan sehari-hari, namun bisa  sebagai aset yang bisa dimanfaatkan untuk menarik pinjaman tunai.

Salah satu keunggulan aplikasi yang mengandalkan teknologi Price Engine ini ialah, pemilik sepeda motor bisa mengetahui harga jual terkini dengan akurat, tergantung kondisinya. Mereka juga bisa bisa menikmati kemudahan saat hendak melakukan servis dan pinjaman untuk kebutuhan di luar pembelian motor.

Menurut Marwoto Soebiakno, founder dan board of advisor  Otomoto, aplikasi ini merupakan karya anak bangsa yang merupakan hasil pengembangan dari aplikasi bernama Sumo 365 yang dihadirkan sejak April 2018.  Kahadiran aplikasi ini dan mendapatkan sambutan luas pengguna dari kalangan bikers.

Aplikasi Otomoto menawarkan empat fitur unggulan. Yakni, Price Engine, Smart Inspection, Booking Service dan Loan.  Aplikasi ini dirancang menggunakan data analitik, algoritma dan otomatisasi dan dihadirkan di smartphone dengan OS Android dan ke depan akan hadir pula di format iOS. "Aplikasi ini lahir sebagai platform digital untuk para pemilik motor di Indonesia dengan sistem yang bekerja berdasarkan data analitik, algoritma dan otomatisasi guna menghadirkan user journey yang maksimal," ungkap Marwoto.

Fitur Price Engine sebagai fitur unggulan di aplikasi ini merupakan yang pertama hadir di Indonesia.  Melalui fitur ini, pengguna atawa pemilik motor bisa  menghitung harga jual motor pengguna dengan cukup memasukkan tipe motor, tahun pembuatan, jarak tempuh kilometer. Dalam hitungan detik taksiran harga jual motor akan muncul di layar ponsel. Sedangkan fitur Smart Inspection merupakan kategorisasi acuan harga yang terbagi dalam lima grade, A, B, C, D, E yang bisa dipakai pengguna saat akan menjual motornya ke dealer motor bekas atau calon pembeli potensial, termasuk jika akan mengajukan pinjaman ke Otomoto

Fitur lainnya, yakni Loan, membantu menghubungkan pengguna dengan perusahaan pembiayaan sepeda motor, termasuk untuk kebutuhan pembiayaan di luar sepeda motor. Sedangkan fitur Booking Service, berguna bagi pengguna saat ingin mengetahui lokasi bengkel motor berkualitas.

Dennis Wu, Head of Technology Otomoto, menyatakan, pihaknya melihat saatnya pemilik sepeda motor melihat potensi kendaraannya bukan hanya alat transportasi. Saat ini  Otomoto tengah  menjalin kerja sama dengan 220 mitra bengkel  motor resmi  di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Kerjasama ini memungkinkan pengguna aplikasi memanfaatkan promo diskon bengkel bersangkutan. Customer bisa menyesuaikan kapan melakukan servis motornya sehingga bisa memanfaatkan kondisi bengkel saat sedang kosong pelanggan.

Otomoto menargetkan sampai akhir tahun ini akan memiliki jaringan bengkel di 128 kota di Jawa dan Bali. Selain itu, diharapkan mampu menjaring 500 ribu pengguna pada kuartal III-2019, dibandingkan kuartal III-2018  yang sebanyak 40 ribu pengguna.

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)