Auto2000 Lampung Tingkatkan Layanan Lewat THS

Hingga Agustus 2018 lalu, Auto2000, dealer Toyota ini  memberikan kontribusi  42,6%  terhadap total penjualan merek mobil asal Jepan tersebut. Hal ini tak lepas dari luasnya jaringan dealer  yang dimiliki oleh Auto2000 yang tersebar di  Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara.

Sampai dengan  September 2018, tercatat ada 120 cabang yang terdiri dari 13 outlet V (Vehicle) yang melayani jual beli kendaraan, 91 outlet VSP (Vehicle Service Part)  yang melayani jual beli dan servis kendaraan, serta 16 outlet VSP+BP (Vehicle Service Part + Body Paint) yang sanggup melayani jual beli, servis mobil, perbaikan, dan pengecatan bodi kendaraan.

Pulau Sumatera sebagai salah satu pulau yang kaya akan sumber daya alam mempunyai potensi pasar yang sangat besar bagi Auto2000. Sebagai catatan, kontribusi penjualan Toyota di Sumatera terhadap pasar nasional adalah sebesar 20,1% dan kontribusi unit entry service Sumatera terhadap nasional sebesar 18,7% sampai dengan bulan Agustus 2018.

Sementara itu, pangsa pasar penjualan Auto2000 di Sumatera mencapai 40,9% atau sekitar 20.000 unit hingga bulan Juli 2018.  Kontribusi ini tak lepas dari  23 outlet yang tersebar di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung.

Provinsi Lampung merupakan salah satu wilayah Auto2000 yang juga terus mengalami peningkatan pasar. Saat ini market share di provinsi tersebut  dari  Januari -  Juli 2018 mencapai angka 32,7% atau sekitar 4.000 unit.  Hal ini didukung oleh perekonomian Lampung yang terus berkembang dengan industri andalannya berupa perkebunan, perikanan, dan wisata bahari.

Auto2000 melihat bahwa pasar mobil Toyota di Lampung sangat potensial untuk dikembangkan. Pasar Auto2000 begitu besar, dibuktikan dengan market share Januari – Juli 2018 yang mencapai 32,7%.

Hal ini tak lepas dari berkembangnya agroindustri di Lampung yang membutuhkan kendaraan operasional yang tangguh, kuat serta punya daya tahan tinggi, dan semua kebutuhan tersebut dapat dipenuhi oleh mobil baru Toyota,” kata Judianto, Operation Manager Auto2000 Area Sumatera, saat menemani kunjungan wartawan Nasional ke cabang Auto2000 Way Halim, Bandar Lampung dalam acara Auto2000 – THS Home Service Region Exploration Lampung  (25-27/9/2018).

Untuk menunjang berkembangnya kepemilikan mobil baru Toyota di Lampung, Auto2000 telah meresmikan beberapa cabang baru, yakni Auto2000 Kotabumi, Tulang Bawang, dan Kalianda. Ke-3 cabang tersebut melengkapi 3 cabang yang terlebih dulu ada yaitu Raden Intan, Rajabasa, dan Way Halim. Dari 6 cabang di Lampung, 5 cabang merupakan outlet VSP , serta 1 outlet yaitu Way Halim merupakan outlet VSP+BP.

“Auto2000 Way Halim merupakan salah satu cabang Auto2000 di Provinsi Lampung yang memiliki fasilitas sales dan after sales lengkap, mulai dari showroom mobil baru, area servis berkala dan perbaikan kendaraan, hingga fasilitas perbaikan bodi mobil. Fasilitas bengkel Auto2000 Way Halim mempunyai kualitas prima sesuai standar mutu global Toyota berkat perlengkapan modern dan canggih serta tenaga mekanik yang kompeten dan memenuhi kualifikasi Toyota Indonesia,”  tambah Judianto.

Salah satu kendala utama layanan purna jual di Provinsi Lampung adalah demografi wilayah yang sangat menantang karena berada di jalur Pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh. Di lain pihak, banyak di antara customer Auto2000 merupakan perusahaan agroindustri yang posisinya jauh dari wilayah perkotaan.

Guna menyiasati berbagai macam kendala tersebut, Auto2000 wilayah Lampung saat ini memiliki 16 unit mobil  Auto2000-  Toyota Home Service  (THS)yang terdiri atas 1 unit Toyota Hilux, 1 unit THS PLD (Pusat Layanan Dyna), dan 14 unit Avanza/Transmover. Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh pelanggan fleet dan retail. Secara nasional, jumlah armada THS sudah mencapai 359 unit, yang terdiri dari 332 unit Toyota Avanza/Transmover, 12 unit Toyota Hilux, 8 unit THS sepeda motor, 5 unit THS PLD, dan 2 unit Toyota Fortuner sebagai THS Premium.

THS – Auto2000 Home Service adalah layanan servis berkala mobil Toyota yang bisa dilakukan di tempat dan waktu yang diinginkan oleh pelanggan tanpa perlu berkunjung ke bengkel resmi Auto2000. Selain itu, kualitas layanan ini juga setara dengan layanan servis berkala di bengkel resmi serta tanpa ada biaya tambahan atau sama dengan biaya servis berkala normal di bengkel resmi Auto2000. Fleksibilitas ini jelas sangat memudahkan bagi pemilik mobil Toyota yang berada jauh dari lokasi bengkel resmi seperti di Provinsi Lampung.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)