Automotive

"Baby Alphard" Mulai Memikat Konsumen

Toyota Voxy, MPV menengah yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu, tampaknya mulai menarik minat konsumen. MPV yang dijuluki “Baby Alphard” kini kebanjiran order, karena inden mobil yang dijual sejak Agustus lalu tersebut sudah mencapai 1000-an. Padahal, pasokan dari Jepang hanya 150-an unit per bulan nya.

Para pemesan Voxy, boleh dikata adalah kalangan menengah atas dan mapan. Mengingat harga mobil tersebut sekarang sudah dibanderol harga baru Rp 452 juta–naik per Januari–dibanding sebelumnya Rp 446 juta.

Kenaikan harga tersebut menurut Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, adalah penyesuaian harga terhadap pajak (BBN, Bea Balik Nama) dan lain-lainnya. “Kenaikan harga di awal tahun karena BBN (Bea Balik Nama) juga naik. Bagi yang sudah memesan Voxy sejak tahun lalu, tidak mengalami kenaikan harga, tapi mereka mendapatkan unit produksi 2018,” ujarnya di Jakarta.

Animo konsumen terhadap Voxy telah terjadi sejak Agutus tahun lalu. Dan itu, tambah Soerjo–panggilan Franciscus Soerjopranoto–di luar ekspetasi TAM, karena permintaan cukup banyak. Saking banyaknya, sekarang yang belum di-delivery ke konsumen sekitar 1.000-an unit. namun begitu pihaknya tetap akan memenuhi permintaan itu dan diusahakan bisa tepat waktu.

Toyota Voxy mengusung mesin tipe 3ZR-FAE DOHC 4 silinder berkapasitas 2 liter dan sudah mengandalkan teknologi transmisi CVT-i yang siap memberikan performa mesin gahar dan tangguh. Mesin berkapasitas 2 liter (1987 cc) 4 silinder dengan 16 katup yang diklaim sanggup memberikan tenaga hingga 152 Ps pada putaran ke 6100 rpm dan torsi maksimum hingga 19.7 Kgm per putaran ke 3.800 rpm. Meski memiliki tenaga yang gahar, namun MPV ini tetap irit dan efisien. Pasalnya, mobil ini sudah dibekali dengan teknologi sistem injeksi Electronic Fuel Injection dengan bekalan tangki bahan bakar sangat besar, yaitu 55 liter.Di samping itu, beragam fitur canggih dan modern sudah disematkan kepada mobil ini karena di pasar segmen ini, Voxy bersaing dengan Nissan Serena dan Mazda Biante.

Konsumen Voxy tidak saja tertarik dengan gahar-nya mesin dan kelengkapan fitur namuan banyak mengatakan bahwa mobil ini mirip Toyota Vellfire namun lebih kecil. Sebelumnya di segmen ini TAM sudah meluncurkan Toyota NAV-1 dengan karakter yang elegan, namun penjualannya tidak se-moncer, produk Toyota yang lainnya. “Konsumen memilih Voxy karena terlihat lebih sporty dibanding NAV1 yang punya karakter elegan,” tambah Soerjo.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved