Trends Automotive

Berkah Program PPnBM 0%, Xpander Catat Penjualan Tertinggi di MMKSI

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merasakan berkah insentif PPnBM 0% pada periode Maret – Mei 2021. Dan yang paling laris penjualannya adalah Mitsubishi Xpander. Total penjualanl kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors per Mei 2021 adalah 7.516 unit dengan pangsa pasar 12,6%. Terjadi peningkatan lebih dari 37% selama periode program insentif PPnBM 100% (Maret – Mei 2021) dibandingkan dengan periode kuartal sebelumnya tanpa program insentif (Desember 2020 – Februari 2021). Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI dengan 49,6%.

Budi Dermawan Daulay, Group Head of Regional Sales – Sales & Marketing Division MMKSI mengakui dampak insentif ini, terutama di Mitsubishhi Xpander sehingga menjadi paling laris dalam penjualan MMKSI saat diberlakukannya PPnBM. “Hampir semua varian Xpander mengalami peningkatan demand, namun yang paling tinggi Xpander Ultimate dan Xpander Cross yang premium,” tambah Budi.

Tidak heran jika kemudian pasar model Xpander (termasuk Xpander Cross) mencapai 29% pada segmen small MPV. Serta mendorong capaikan penjualan Xpander pada Mei 2021 naik lebih 61% selama periode program insentif PPnBM 100% (Maret – Mei 2021) dibandingkan dengan periode kuartal sebelumnya tanpa program insentif (Desember 2020 – Februari 2021). Insentif PPnBM 100% untuk pembelian model Xpander dan Xpander Cross hingga Rp 18 juta.

Program PPnBM ini bersambut dengan langkah Mitsubishhi yang tidak berhenti berinovasi meski tahun lalu industri otomotif melorot tajam. Pada awal 2021, seiring ekonomi secara pelahan otomotif tumbuh. Pangsa pasar Xpander pun mencapai 31 persen. Peningkatan permintaan ini pun makin terdorong oleh program relaksasi PPnBM. Hasilnya, penjualan Xpander pada Maret 2021 naik dua kali lipat. “Bagi MMKSI, Xpander merupakan produk penting di pasar Indonesia. Sejak 2017 scara totoal 193.000 unit telah terjual hingga Mei kemarin.

“Produk ini menyasar konsumen yang dinamis dan ingin menikmati kendaraan yang menyenangkan,” ujar Irwan Kuncoro, Marketing Director MMKSI. Maka itu Mitsubishhi terus berinovasi dengan menghadirkan dua Xpander Special Edition. Pada peluncuran dua edisi ini, Irwan menyebut MMKSI menargetkan penjualan penjualan 4.000 unit hingga akhir tahun 2021.

“Kami memperkenalkan kembali edisi spesial ini tentu dengan menambahkan keunikan lainnya. Misalnya ada tambahan rockford fosgate di Xpander edisi spesial. Lalu di Xpander Cross, kami tambahkan around view motnitor jadi ada penambahan fitur dibanding tahun lalu. Kami memberikan pilihan lebih buat kosumen dengan dua edisi spesial ini dan spesial edisi ini kami memberikan penyegaran pada sisi eksterior dan interipor yang didpminasi aksen hitam, tapi stylish, sporty dan disematkan rockford audio,” terang Irwan. Dia membenarkan bahwa berkah program PPnBM 0% sangat dirasakan dalam penjualan Xpander.

Budi menambahkan dengan adanya PPnBm, demand tinggi tidak hanya Jabodetabek saja, tapi juga di wilayah lain Indonesia sehingga peningkatan permintaan 100 persen. “Di beberapa area juga mengalami peningkatan 100 persen, saya yakin dengan adanya peruiode kedua PPnBM akan memberikan suatu minat kepada konsumen untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah saat ini,” tegasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved