Bluebird Luncurkan Taxi Bertenaga Listrik

Dengan armada baru ini, Bluebird Group berkomitmen dalam pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta

Bluebird mencetak sejarah di industri transportasi Indonesia dengan meluncurkan mobil dengan tenaga listrik sebagai armada terbarunya untuk layanan Bluebird dan Silverbird, yaitu BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D A/T.

Layanan ini akan tersedia mulai bulan Mei 2019. Bluebird juga menggandeng World Wide Fund for Nature (WWF) dan Jagha Bumi dalam mengadakan program One Ride One Seed. Setiap satu penumpang dari kendaraan taksi listrik Bluebird dan Silverbird akan turut berkontribusi terhadap ditanamnya satu pohon di area aliran sungai Cilliwung dan di area tengah Jakarta. Program One Ride One Seed ini akan diselenggarakan mulai Juni 2019 dengan target lebih dari 2.000 pohon tertanam.

Adrianto Djokosoetono, Direktur PT Blue Bird, Tbk, mengatakan, selain dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan, pengoperasian mobil bertenaga listrik ini juga memberikan nilai tambah dalam kaitan dengan program ketahanan dan bauran energi nasional, program pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah.

Lebih lanjut Adrianto menjelaskan, dengan rencana pengoperasian sebanyak 200 mobil listrik hingga tahun 2020, Bluebird akan menghilangkan 434,095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter; dan penambahan 2000 unit mobil listrik pada periode tahun 2020 - 2025 akan menghilangkan 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.

Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, mengatakan, melalui terobosan inovasi dari kendaraan listrik ini, Bluebird tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi pelanggan. Namun, juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta. "Hal ini kami yakin akan terwujud dimulai dengan langkah awal, yaitu kehadiran 25 unit BYD dan 4 unit Tesla di jajaran produk Bluebird dan Silverbird," ujar dia.

Investasi yang digelontorkan oleh Grup Bluebird untuk mobil tenaga listrik ini di bawah Rp40 miliar, sudah termasuk unit mobil listrik dan charging station. Saat ini udah tersedia 11 charging station yang berlokasi di Kantor Pusat Bluebird, Jakarta. “Tarif yang digunakan untuk Bluebird dan Silverbird akan sama seperti yang sebelumnya, karena saat ini kami belum bisa menemukan mobil yang biaya charge listriknya lebih murah daripada bensin,” imbuh Adrianto.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)